Membersihkan Mesin Mobil

Friday, September 2nd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Membersihkan Mesin Mobil – Kebersihan mesin mobil merupakan hal yang kerap jarang diperhatikan oleh pemilik mobil. Terlebih lagi mesin mobil terletak pada bagian yang tertutup. Membersihkan mesin mobil jauh berbeda dengan mencuci bagian badan mobil yang terlihat lebih mudah karena hanya cukup disemprot dengan air serta dikeringkan dengan kanebo atau lap khusus.

Sedangkan membersihkan mesin mobil tidak dapat disemprot dengan air, karena dapat mengakibatkan mesin tidak bisa di starter atau grebet karena air masuk pada sistem kelistrikan ataupun sistem pengapian mesin mobil.

Membersihkan Mesin Mobil

Supaya hal ini tidak terjadi, berikut ini adalah tips membersihkan mesin mobil:

Membersihkan Mesin Mobil

Membersihkan Mesin Mobil (Sumber Gambar : readerdigest)

Siapkan peralatan seperti kain kering untuk mengeringkan, ember, kain yang bersih, sabun kepal ataupun sabun colek, sikat gigi yang sudah tidak terpakai, serta spray pembersih mesin, yang dapat dibeli di toko aksesoris dan perawatan mobil.

Ketika sedang membersihkan, mesin mobil yang akan dibersihkan harus ada pada kondisi dingin supaya tangan tidak mengenai panas mesin. Lap bagian yang berdebu dengan kain lap yang sedikit basah.

Di bagian mesin dengan bekas rembesan oli dapat dibersihkan dengan mempergunakan sikat yang dilumuri sabun tetapi tidak memakai air. Sesudah itu bilas dengan kain yang basah sampai bersih dari sabun.

Supaya mesin mobil lebih mengkilap, semprotkan spray pembersih mesin ke semua bagian, baik itu yang berbahan karet, besi, ataupun aluminium.

Diamkan setelah disemprot beberapa saat hingga kering atau dapat di lap bersih guna mempercepat langkah pengeringan.

Demikian tips Membersihkan Mesin Mobil yang dapat kami sampaikan. Rawatlah semua bagian mobil Anda sampai kesemua komponen yang tidak terlihat sehingga mempunyai tampilan yang optimal disemua sisi.

Membersihkan Mesin Mobil | Rudiyanto | 4.5