Membersihkan Noda Tinta Pada Jok Mobil

Tuesday, October 18th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Membersihkan Noda Tinta Pada Jok Mobil – Mobil yang tampak bersih dan apik tentunya menjadi dambaan pada setiap pemilik mobil. Tidak hanya pada tampilan luar saja, interior pun juga membutuhkan perawatan supaya selalu tampak bersih dan tampil prima. Tentunya pemilik mobil kesal apabila terdapat noda pada bagian interior terlebih noda tinta pada jok mobil yang berbahan kain. Berikut ini adalah tips membersihkan noda tinta pada jok mobil yang berbahan kain.

Tips Membersihkan Noda Tinta Pada Jok Mobil

Membersihkan Noda Tinta Pada Jok Mobil

Membersihkan Noda Tinta Pada Jok Mobil (Sumber Gambar : dkliner)

Apabila tinta menodai jok mobil berbahan kain, perlu dibersihkan dengan segera supaya lebih mudah dibersihkan. Apabila noda tinta sudah menyerap serta mengering pada jok yang berbahan kain, maka noda tinta tersebut akan lebih sulit untuk dibersihkan.

Tidak perlu repot mempergunakan produk kimia dengan harga yang mahal guna membersihkannya. Langkah pertama yang harus dilakukan ketika cover seat berbahan kain mendapat noda tinta adalah membersihkannya dengan segera mempergunakan kain ataupun handuk yang bisa menyerap cairan dengan baik.

Setelah itu, lap bagian yang terkena tinta sembari agak menekan wilayah yang terkena noda tinta. Lap bagian itu sebanyak mungkin dimulai dari bagian tepi tinta hingga bagian tengahnya guna mencegah noda tinta menyebar.

Usahakan jangan menggosok area tersebut dikarenakan justru akan menyebabkan noda tinta menyebar serta meresap pada kain. Apabila masih terdapat noda tinta yang tersisa cobalah pergunakan isoporpil alkohol (alkohol gosok) guna membersihkannya.

Langkahnya, teteskanlah alkohol tersebut pada bagian pelapis jok sedikit, untuk memastikan bahwa cairan tersebut tidak merusak permukaan jok mobil berbahan kain. Bila dirasa aman, maka secepatnya pergunakan kain putih bersih serta basahi dengan alkohol tersebut sebagai alat lap.

Tidak dianjurkan menuangkan secara langsung cairan alkohol tersebut pada bagian jok yang terkena noda. Hindari pula penggunaan ke kain yang berbahan asetat, rayon ataupun triasetat dikarenakan kain tersebut akan menyisakan noda seperti pada pemutih pada saat diberi alkohol.

Noda tinta di jok mobil yang berbahan kain juga dapat dibersihkan dengan mempergunakan cuka, hal tersebut dikarenakan sifat asam cuka akan sanggup mengangkat noda dan aman digunakan. Langkahnya adalah dengan campur satu sendok makan sabun untuk pencuci piring serta dua sendok teh cuka putih pada secangkir air, setelah itu pergunakan kain yang lembut yang sudah dicelupkan pada larutan guna menggosok bagian yang terkena tinta atau noda lainnya.

Diamkan selama kurang lebih 10 menit serta kemudian laplah dengan menggunakan air dingin dengan menggunakan kain yang lembut yang masih bersih. Setalah itu, keringkanlah area tersebut serta ulangi langkah tersebut hingga noda tinta benar-benar lenyap.

Membersihkan Noda Tinta Pada Jok Mobil | Rudiyanto | 4.5