Membersihkan Ruang Bakar Mesin Sepeda Motor

Thursday, December 15th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Membersihkan Ruang Bakar Mesin Sepeda Motor – Motor dengan kinerja dan performa prima tentunya akan menyenangkan hati sang pemilik. Namun hal ini tidak bisa tercapai apabila pemiliknya sendiri malas untuk melakukan perawatan pada kendaraannya.

Seperti yang telah diketahui bersama, perawatan sepeda motor adalah agenda rutin yang sebetulnya harus dilakoni oleh semua pemilik motor. Akan tetapi hal tersebu kerap dianggap sepele bahkan diabaikan oleh para pemilik. Ujung-ujungnya performa sepeda motor menurun dan tidak menutup kemungkinan sering mengalami permasalahan.

Membersihkan Ruang Bakar Mesin Sepeda Motor Tanpa Membongkar Silinder Head

Membersihkan Ruang Bakar Mesin Sepeda Motor

Membersihkan Ruang Bakar Mesin Sepeda Motor (Sumber Gambar : pratical machinist)

Harus disadari, seiring dengan penggunaan pada jangka waktu yang lama, Sepeda motor memerlukan perawatan. Ada beberapa komponen yang harus diperiksa maupun dibersihkan sehingga bisa bekerja sebagaimana mestinya. Salah satu dari komponen sepeda motor yang memerlukan perawatan adalah ruang bakar.

Ruangan yang berposisi pada bagian kepala blok silinder tersebut perlu dibersihkan pada jangka waktu tertentu. Pembersihan dikerjakan guna menghilangkan kerak karbon yang menempel. Dengan demikian saluran pembakaran bisa bekerja secara optimal.

Salah langkah atau cara untuk membersihkan ruang bakar sepeda motor adalah dengan melepaskan silinder head. Namun, langkah tersebut memerlukan waktu dan agak sedikit rumit. Selain dari cara tersebut, ada pula cara alternatif yang dirasa lebih mudah, yakni dengan menyemprotkan cairan engine cleaner. Cara tersebut tidak mewajibkan pemilik melepas silinder head. Meskipun begitu bisa dipakai guna meminimalisir penimbunan kerak di permukaan silinder, katup dan pada kepala piston.

Cairan engine cleaner tersebut berfungsi guna melunturkan kerak karbon, tinggal disemprotkan pada lubang busi. Setelah itu didiamkan beberapa menit kemudian hidupkan mesinnya.

Ketika mesin sepeda motor dihidupkan kembali, sesaat kemudian akan keluar asap putih dari lubang knalpot. Hal ini menandakan bahwasanya karbon yang melekat pada ruang bakar terbakar bersama dengan cairan tersebut. Setelah asap hilang, ulangi langkah tersebut supaya hasilnya lebih maksimal.

Membersihkan Ruang Bakar Mesin Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5