Membuat Rem Tromol Lebih Pakem

Tuesday, November 15th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Membuat Rem Tromol Lebih Pakem – Sistem pengereman pada sebuah kendaraan bermotor pada saat ini lebih didominasi oleh disk brake atau rem cakram. Selain lebih menggigit, rem cakram pun dirasa lebih menjamin keselamatan.

Pada faktanya, penawaran kendaraan yang masih memakai rem tromol pun masih tinggi. Dibandingkan dengan rem cakram, perawatan serta pergantian komponen sistem rem tromol pun lebih sederhana serta harganya pun relatif lebih terjangkau.

Cara Membuat Rem Tromol Lebih Pakem

Membuat Rem Tromol Lebih Pakem

Membuat Rem Tromol Lebih Pakem (Sumber Gambar : capuraca)

Berikut dibawah ini merupakan tips dan trik membuat rem tromol lebih pakem dengan cara yang cukup sederhana dan mudah dilakukan

Bersihkan rem tromol

Pada beberapa kasus, rem tromol mengalami terjadinya penurunan daya cengkram dikarenakan banyaknya kotoran pada area sekitaran kampas rem.

Guna mengatasi hal tersebut, bisa dengan melepaskan komponen tromol dari dudukan serta melepas kampas rem. Sesudah itu kampas rem serta tromol dapat dibersihkan dengan menggunakan udara bertekanan tinggi atau dengan menggunakan kompresor. Selain langkah seperti itu juga dapat dibersihkan dengan lap yang bersih.

Rendam dan jemur kampas rem

Cara yang kedua guna membuat rem tromol lebih pakem adalah dengan cara merendam kampas rem. Langkah-langkahnya sama dengan cara yang pertama, lepaskanlah kampas rem lalu rendam dalam air yang bersih sampai meresap. Barulah setelah itu kampas rem dapat dijemur serta dipasang kembali.

Gunakan sabun colek

Cara selanjutnya untuk membuat rem tromol lebih pakem adalah dengan memakai sabun colek. Akan tetapi, dengan memakai sabun colek, rem tromol serta kampas rem tidak perlu dikeluarkan dari dudukannya. Cuma perlu mengoleskan sabun colek tersebut pada area disekitar rem tromol secara hati-hati, serta setelah itu mencoba untuk mengeremnya beberapa kali.

Membuat Rem Tromol Lebih Pakem | Rudiyanto | 4.5