Memeriksa Dan Mendeteksi Kebocoran Sistem Pengereman

Thursday, December 22nd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Memeriksa Dan Mendeteksi Kebocoran Sistem Pengereman – Kebanyakan mobil yang di produksi sekarang ini mempergunakan sistem pengereman secara hidrolis yang berarti memanfaatkan cairan rem di ruang vakum. Masalah yang umum terjadi apabila kinerja rem dirasa berkurang karena adanya kebocoran.

Pada saat terjadi kebocoran maka sistem pengereman tidak lagi vakum, itu berarti tekanan dari cairan rem tersebut berkurang ataupun mungkin menghilang. Apabila terjadi hal tersebut, bisa sangat fatal akibatnya dikarenakan kendaraan tidak dapat melakukan pengereman dengan ideal.

Memeriksa Dan Mendeteksi Kebocoran Sistem Pengereman

Memeriksa Dan Mendeteksi Kebocoran Sistem Pengereman

Memeriksa Dan Mendeteksi Kebocoran Sistem Pengereman (Sumber Gambar : wilsonauto)

Kebocoran pada sistem pengereman dapat diperiksa atau dideteksi pada suara angin yang keluar setiap kali tuas rem ditekan. Suara dari angin tersebut akan cukup keras dan dapat terdengar pada ruang kabin atau ketika kap mesin tidak dibuka.

Selain itu kebocoran sistem pengereman dapat terjadi karena seal ataupun kabel-kabel yang sudah rusak. Material seal tersebut berbahan dari karet dan bisa getas dikarenakan faktor usia pemakaian.

Cara lain untuk memeriksa atau mendeteksi kebocoran sistem pengereman dengan melihat bagian bawah dari kendaraan sesudah diparkir cukup lama. Cairan dari sistem rem yang keluar akibat kebocoran sistem pengereman adalah tanda-tanda dari masalah. Jadi janganlah menyepelekan kotoran di bagian bawah mobil. Lebih baik segera periksakan ke bengkel resmi yang sudah Anda percaya untuk melakukan tindakan lebih lanjut supaya Anda bisa mengemudi dengan aman dan nyaman tanpa dihantui rasa takut akan rem yang blong.

Memeriksa Dan Mendeteksi Kebocoran Sistem Pengereman | Rudiyanto | 4.5