Memeriksa Kondisi Shockbreaker Motor

Monday, November 7th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Memeriksa Kondisi Shockbreaker Motor – Pada saat sistem shockbreaker atau peredam kejut sepeda motor rusak ataupun umumnya dibilang ‘mati’ memang sangat mengganggu. Masalahnya bukan cuma mengubah performa pada kendaraan, akan tetapi juga mempengaruhi kesehatan para pengendaranya, seperti terganggu dikarenakan pinggang sakit ataupun badan dirasa cepat pegal ketika berkendara.

Cara Memeriksa Kondisi Shockbreaker Motor

Memeriksa Kondisi Shockbreaker Motor

Memeriksa Kondisi Shockbreaker Motor (Sumber Gambar : ebay)

Supaya tidak terus menerus seperti itu makanya jangan terlalu lama mempergunakan shockbreaker yang mati. Lalu, bagaimana cara mengetahui shockbreaker tersebut sudah rusak maupun belum?. Dibawah ini adalah penjelasan mengenai Memeriksa Kondisi Shockbreaker Motor :

cobalah menekan shockbreaker ke bawah, apabila cepat kembali merenggang itu berarti sudah rusak. Cara tersebut bisa jadi cukup sulit dilakukan karena shockbreaker perlu dilepas terlebih dulu. Ada cara lain untuk memeriksa shockbreaker sepeda motor, yakni dirasakan pada saat sepeda motor dikendarai melintasi lobang maupun polisi tidur. Apabila ayunannya mental berkali-kali terlebih sampai ban mentok pada spakbor tandanya sudah harus diperiksakan lebih lanjut ke bengkel.

Cobalah amati apakah bagian as terdapat baretan halus. Itu bisa menjadi pertanda bahwasanya seal sudah robek dan bocor. Umumnya oli shockbreaker rembes dari bagian tersebut, hal tersebut menyebabkan daya pegas hilang.

Potensi utama seal shockbreaker bocor dikarenakan shockbreaker sering kotor. Kotoran tersebut bisa saja melekat pada as dan merusak seal dikarenakan naik turunnya kendaraan. Jika sudah seperti ini disarankan untuk direpair atau lebih baik diganti. Dikarenakan jika diperbaiki usianya hanya sampai dua bulan. Untuk mencegahnya, pada saat kotor setelah terkena Hujan ada baiknya langsung dilap supaya kotoran tidak menempel.

Memeriksa Kondisi Shockbreaker Motor | Rudiyanto | 4.5