Memilih Ban Mobil Supaya Tidak Bising

Friday, February 10th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Memilih Ban Mobil Supaya Tidak Bising – Pada saat mobil melaju dengan kencang, kadang ada suara-suara yang cukup bising dari luar yang masuk menuju ke dalam kabin. Penyebabnya bisa saja dari banyak faktor, dari mulai peredam mobil yang dinilai kurang berkualitas sampai pemilihan komponen ban yang kurang cocok.

Memilih Ban Mobil Supaya Tidak Bising

Memilih Ban Mobil Supaya Tidak Bising (Sumber Gambar : treads 2 go)

Lalu, jenis ban yang seperti apakah yang tidak akan mengeluarkan suara yang terlalu bising? Manager dari Training PT Sumi Rubber Indonesia mengatakan, desain dari alur ban bisa berpengaruh terhadap kebisingan yang dihasilkan tesebut.

Jika terdapat banyak alur yang melintang, hal tersebut bisa membuat udara pada celah telapak ban terjebak, sehingga bisa menimbulkan turbulensi yang akan berujung pada timbulnya suara yang bising.

“Udara yang terjebak tersebutlah, ketika ban berputar udara tersebut akan terlepas dan akan menimbulkan suara berdesis,”

Selain dari itu, profil telapak ban juga bisa mempengaruhi tingkat dari kebisingan yang dihasilkan oleh ban pada saat bersentuhan dengan badan jalan.

“Jadi, apabila ban tersebut mempunyai profil telapak yang membulat, hal tersebut lebih baik. Pada saat melewati jalan yang bergelombang, bisa menyerap kejutan yang lebih besar serta bisa mengurangi suara yang bising tersebut”.

Contoh dari ban dengan batik yang melintang. Ban tersebut bagus pada saat berjalan diatas jalanan dengan aspal yang basah, tetapi akan cukup bising pada saat menapaki jalanan yang kering.

Memilih Ban Mobil Supaya Tidak Bising | Rudiyanto | 4.5