Memperpanjang Umur V-belt Sepeda Motor Matic

Wednesday, December 14th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Memperpanjang Umur V-belt Sepeda Motor Matic – Masalah yang sering kali menghantui para pemilik sepeda motor matic adalah putusnya v-belt yang merupakan penghubung mesin dan roda. Meskipun ada batas umur pemakaian, hal ini tidak dapat dijadikan tolok ukur karena pemakaian setiap pengendara berbeda-beda. V-belt perlu selalu diperiksa pada saat servis rutin 2.000 sampai 5.000 km.

Tips Memperpanjang Umur V-belt Sepeda Motor Matic

Memperpanjang Umur V-belt Sepeda Motor Matic

Memperpanjang Umur V-belt Sepeda Motor Matic (Sumber Gambar : youtube)

Umur maksimal dari komponen V-belt jika dari teori bisa mencapai 24.000 km. Tetapi banyak yang putus dengan lebih cepat dikarenakan pemakaian yang tidak tepat. Ada beberapa langkah yang menjadikan umur v-belt lebih lama, meskipun tetap disarankan untuk mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan pada saat penggantian. Berikut dibawah ini tips merawat dan memperpanjang umur V-belt Sepeda motor Matic:

Memberikan cairan khusus untuk v-belt supaya menjadikannya tidak mudah getas dan juga semakin lengket. Cairan tersebut diaplikasikan pada pinggiran v-belt, bukanlah pada bagian tengah gerigi. Cairan khusus tersebut bisa dibeli dipasaran dengan banderol sekitar Rp 35 ribu.

Upayakan tidak memakai aksesoris racing, dikarenakan komponen yang tidak sesuai dengan standar bisa menyebabkan komponen lainnya rusak.

Menjadi pengendara yang sopan, upayakan memacu kendaraan dengan perlahan dan tidak membetot handle gas secara tiba-tiba. Hal tersebut bisa memperpanjang usia v-belt.

Pemakaian yang normal, tidak dianjurkan menarik gas secara mendadak. Apalagi menarik handle gas pada saat berhenti.

Memperpanjang Umur V-belt Sepeda Motor Matic | Rudiyanto | 4.5