Memulihkan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Atau Mudik

Tuesday, January 3rd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Memulihkan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Atau Mudik – Menempuh jarak perjalanan cukup jauh pada saat mudik, kadang menyebabkan performa mobil Anda mengalami sedikit penurunan. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan masalah kondisi mobil setelah dipaksa bekerja keras.

Tips Memulihkan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Atau Mudik

Memulihkan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Atau Mudik

Memulihkan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Atau Mudik (Sumber Gambar : kompasiana)

Pada saat mudik, mobil pastinya bekerja dengan maksimal, apalagi digunakan dalam kondisi dan situasi jalanan yang macet parah. Adapun yang harus diperiksa adalah kondisi dari oli mesin ataupun pelumas lainnya semisal oli gardan.

Segeralah memeriksa kualitas dan kuantitas oli. Bila sudah berkurang dari batasan minimalnya, lakukan penggantian oli.

Tidak hanya itu saja, periksa kembali kondisi mesin. Lakukanlah kiat yang sama seperti pada saat Anda bersiap untuk mudik atau liburan. Namun, kali ini berilah perhatian yang lebih ekstra pada kondisi air radiator.

Umumnya pada mobil yang sudah menempuh perjalanan jauh, akan terjadi perubahan warna air radiator. Jika terdapat air radiator yang sudah keruh, kuraslah dan ganti secara keseluruhan.

Periksa pula kondisi rem, karena komponen tersebut mempunyai beban kerja yang lebih berat saat perjalanan mudik. Perhatikan juga kondisi belt semisal timing belt dan juga v-belt. Umumnya bila belt mengendur, akan mengeluarkan bunyi yang berdecit.

Selain itu, periksa juga kondisi keselarasan atau keseimbangan kaki-kaki mobil. Langkah yang paling mudah dan juga efisien adalah dengan melaksanakan spooring, balancing, dan juga wheel alignment bila diperlukan.

Lalu, periksa kembali kondisi ban. Akan lebih baik lagi jika dirotasi. Perhatikan juga keausan dari telapak ban, bila ada telapak ban yang sudah tidak rata, terdapat dua indikasi yang terjadi. Yang pertama, karena tekanan udara pada ban yang berkurang dan yang kedua, dikarenakan menurunnya kinerja dari suspensi.

Yang Terakhir, cek kondisi dari saringan udara. Bersihkanlah dengan prosedur yang sesuai dengan karakter saringan udara mobil. Sebagian besar mobil mengadopsi filter yang bisa dicuci dengan memakai air sabun, alkohol, maupun oli khusus.

Memulihkan Mobil Setelah Perjalanan Jauh Atau Mudik | Rudiyanto | 4.5