Mencegah Baut Sepeda Motor Dol

Friday, November 11th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Mencegah Baut Sepeda Motor Dol – Grease atau lebih dikenal dengan sebutan gemuk tidak hanya berguna untuk melumasi beberapa macam komponen pada sepeda motor lama serta usang. Ternyata, benda lunak semipadat tersebut pun penting digunakan pada sepeda motor baru.

Mencegah Baut Sepeda Motor Dol

Mencegah Baut Sepeda Motor Dol (Sumber Gambar : google gambar)

Penjelasannya adalah, ada banyak kasus pada bengkel pada saat ingin mengganti komponen fast moving, proses tersebut tersendat dikarenakan kesulitan saat bongkar pasang. Hal tersebut dikarenakan beberapa baut ataupun uliran tidak dapat dibuka, bahkan ada banyak yang Dol alias ulirannya aus.

Semisal, penggantian kanvas pada rem cakram. Banyak masalah untuk komponen tersebut, baut sukar dibuka. Pada akhirnya, tukang bubut yang justru harus turun tangan untuk membukanya.

Tidak hanya komponen yang bergerak, beberapa baut pada body sepeda motor juga terkadang sukar dibuka, terlebih pada pengguna sepeda motor yang jarang merawat sepeda motornya.

Apabila salah langkah pada saat membuka baut yang sudah berkerak ataupun berkarat, patah pada komponen tersebut akan menjadi akhir yang paling buruk. Ini semua dikarenakan dari umur komponen yang sudah cukup lama serta jarang sekali dirawat atau dibuka. Karat serta komponen mur dan baut menempel adalah resikonya.

Jika pada sepeda motor baru biasanya baut-baut masih gampang saat dibuka. Dianjurkan, baut-baut tersebut apalagi yang kelihatannya akan susah dibuka pada lain hari, diolesi dengan grease serta dipasang lagi. Baut tak akan berkarat maupun menempel.

Pemberian komponen grease tak perlu terlalu banyak, secukupnya saja. Apabila telah melewati langkah ini ini, baut-baut yang ada pada roda, komponen rem, sampai komponen bodi-bodi bawah pun siap dilepas atau dibuka dengan mudah.

Mencegah Baut Sepeda Motor Dol | Rudiyanto | 4.5