Mencegah Kompon Ban Mengeras

Friday, January 13th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Mencegah Kompon Ban Mengeras – Sebagai satu-satunya komponen yang secara langsung bersentuhan dengan aspal, ban mempunyai peranan yang sangat penting pada sepeda motor. Karet berbentuk bulat tersebut perlu dirawat dengan rutin, guna memastikan keamanan serta kenyamanan pada saat di perjalanan. Dan jika sudah menipis, maka lebih baik ban diganti.

Tips Mencegah Kompon Ban Mengeras

Mencegah Kompon Ban Mengeras

Mencegah Kompon Ban Mengeras (Sumber Gambar : bikesindia.org)

Berbicara tentang ban baru, mungkin Anda akan bertanya-tanya, mengapa kekerasan dari kompon ban berbeda pada saat baru saja dibeli dan setelah dipakai selama beberapa bulan. Setiap Anda mengendarai sepeda motor, ban akan mengalami peristiwa yang disebut dengan siklus panas.

Pada saat akan memulai perjalanan, ban ada dalam kondisi yang dingin. Lalu, sepanjang perjalanan, suhu ban tersebut akan naik, sebelum akhirnya turun lagi saat sepeda motor diparkir. Siklus panas tersebut terjadi secara terus-menerus, sehingga pada setiap kali Anda mengendarai sepeda motor dengan perlahan, kompon ban akan menjadi mengeras.

Reaksi kimia pun dapat menyebabkan kompon ban menjadi mengeras. Seperti halnya ketika Anda mengendarai sepeda motor, ban mungkin saja bersentuhan dengan cairan yang dapat merusak ban.
Cara dari penyimpanan ban pun dapat menyebabkan kompon ban menjadi mengeras. Simpanlah ban pada tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari langsung, dengan didukung ventilasi udara yang cukup baik.

Usahakan supaya suhu udara pada ruangan penyimpanan ban tidak cuma dingin, tetapi juga stabil. Dikarenakan panas dapat menyebabkan kompon ban menjadi mengeras, maka ada baiknya parkir pada tempat yang teduh serta terlindungi dari sinar matahari secara langsung.

Mencegah Kompon Ban Mengeras | Rudiyanto | 4.5