Mencegah Lapisan Krom Mengelupas

Saturday, April 22nd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Mencegah Lapisan Krom Mengelupas – Kondisi seperti halnya kulit bawang yang berlapis-lapis juga terjadi pada panel sepeda motor yang sudah terlapisi krom. lapisan krom tersebut dapat dianalogikan seperti kulit bawang jika terkena dan tertekan air bertekanan tinggi.

Mencegah Lapisan Krom Mengelupas

Mencegah Lapisan Krom Mengelupas (Sumber Gambar : pixabay)

Ada beberapa kasus pada sepeda motor yang dicuci dengan alat steam. Umumnya akan menimbulkan bercak atau bintik-bintik becah, dan bisa saja mengelupas seperti kulit bawang jika kualitas kromnya kurang bagus alias jelek.

Lapisan krom yang mempunyai kualitas yang baik mempunyai struktur yang sangatlah kuat. Bahkan sanggup bertahan walaupun terbentur oleh benda keras. Tetapi, jika disemprot dengan air dengan tekanan tinggi, lapisan krom bisa saja rusak.

Jika bicara mengenai mesin steam AC yang tekanannya bisa mencapai 7 sampai 8 bar itu bisa saja merobek kulit tangan, Apalagi krom yang hanya berperan sebagai pelapis. Bisa berantakan jika terkena tekanan air yang kuat.

Kesimpulannya adalah untuk mencegah lapisan krom mengelupas adalah dengan mencuci kendaraan yang berlapis krom dengan tidak menggunakan air yang bertekanan tinggi. Pencucian memang harus dilakukan, namun sebisanya Anda mencucinya dengan air bertekanan rendah dan meminta tukang steam untuk mengecilkan tekanan airnya.

Lebih baik lagi jika Anda mencuci kendaraan sendiri, dengan demikian kendaraan Anda tentu akan terjaga keindahan lapisan kromnya. Cucilah dengan kehati-hatian, bila ingin menggunakan air tekanan tinggi, gunakanlah pada bagian yang tidak terlapisi krom.

Mencegah Lapisan Krom Mengelupas | Rudiyanto | 4.5