Mencegah Mobil Terbakar Akibat Korsleting

Tuesday, August 9th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Mencegah Mobil Terbakar Akibat Korsleting – Sistem kelistrikan mobil yang Anda pakai dirancang dengan mengutamakan faktor keselamatan bagi pemakainya. Meskipun demikian, ada saja masalah tertentu yang mengakibatkan terjadinya hubungan arus pendek atau korsleting pada sistem kelistrikan mobil. Sesudah terjadi korsleting umumnya akan muncul percikan api yang merambat ke beberapa komponen di rangkaian kelistrikan mobil. Kondisi seperti ini bisa mengakibatkan mobil terbakar, apalagi bila percikan api menyentuh bahan bakar.

Mencegah Mobil Terbakar Akibat Korsleting

Mencegah Mobil Terbakar Akibat Korsleting

Mencegah Mobil Terbakar Akibat Korsleting (Sumber Gambar : udaipurtimes)

Untuk mencegah mobil terbakar akibat korsleting atau biasa disebut hubungan arus pendek pada sistem kelistrikan, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan:

Pemasangan sekring tambahan apabila menambah aksesories mobil, termasuk pada saat memodifikasi penerangan atau klakson. Lebih baiknya jangan mempergunakan rangkaian kabel standar yang sudah tersedia pada sistem kelistrikan mobil dan kemudian disambungkan langsung dengan rangkaian kabel aksesories. Hal tersebut akan menambah beban arus pada rangkaian kabel yang dilalui. Kabel yang kelebihan beban akan cepat panas dan lama kelamaan akan mengeras dan akan terbakar.

Gunakan lampu bohlam yang setara dengan ukuran dayanya. Bila masih mempergunakan sistem kelistrikan standar bawaan pabrik, dianjurkan jangan mengganti lampu bohlam yang dayanya yang lebih besar dikarenakan tidak setara dengan ukuran sekring dan ketahanan kabelnya. Jika ingin menaikan daya lampu dan bertujuan membuat cahaya lampu tersebut lebih terang ada bainya mempergunakan rangkaian tambahan yang mempunyai kualitas bagus. Sesudah itu patenkan rangkaian tambahan serta lindungi dari air.

Lakukan pemeriksaan visual terhadap kondisi seluruh kabel yang ada pada sistem kelistrikan mobil Anda, apakah ada kabel yang digigit hewan, terkelupas, ataupun kurang kencang. Bila menemukan kabel yang mengeras, terkelupas, meleleh atau digigit hewan, segeralah balut dengan isolasi khusus untuk listrik atau segera meminta bantuan montir di bengkel resmi guna menggantinya.

Tambah pelindung rangkaian kabel serta tempatkan rangkaian kabel tambahan pada bagian yang presisi. Rangkaian tambahan biasanya akan membentuk alur sendiri di luar alur kelistrikan standar bawaan pabrikan. Alur tambahan ini lebih rawan terhadap gesekan diantara komponen sehingga harus menambahkan pelindung rangkaian kabel yang tahan panas serta tahan gesek supaya kabel tidak gampang terkelupas ataupun meleleh. Selain itu, memposisikan rangkaian tambahan pada posisi yang presisi dapat menjadikan rangkaian kabel bertahan lebih lama.

Laksanakan servis yang berkala dan rutin. Pada waktu servis berkala, pihak bengkel resmi akan melakukan pemeriksaan pada sistem kelistrikan mobil Anda, mencakup keadaan baterai dan fungsi kelistrikan. Sehinga bisa dilakukan diagnosa awal dan perbaikan bila ditemukan ada masalah pada sistem kelistrikan mobil Anda, sebelum merambat pada komponen yang lain.

Demikian tips mencegah Mobil terbakar akibat korsleting dari kami bagi Anda yang tidak ingin hal yang tidak diinginkan terjadi seperti kebakaran mobil.

Mencegah Mobil Terbakar Akibat Korsleting | Rudiyanto | 4.5