Mendeteksi Kerusakan Transmisi Mobil Otomatis

Saturday, August 13th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Mendeteksi Kerusakan Transmisi Mobil Otomatis – Transmisi otomatis yang ada pada mobil lebih sering rusak daripada transmisi manual. Selain mempunyai komponen lebih kompleks, transmisi otomatis ini juga memerlukan perhatian yang cukup ekstra. Adanya gejala kurang baik sedikit tetapi dibiarkan, akibatnya akan sangat fatal.

Untuk meneliti kerusakan transmisi otomatis ini cukup mudah, bahkan tidak memerlukan alat khusus. Bisa dilakukan sendiri. Apabila sudah sering dipakai setiap hari, pengguna semakin mudah mendeteksi kerusakannya. Bisa Anda rasakan sendiri, pastilah ada perbedaan apabila terjadi kerusakan.

Mendeteksi Kerusakan Transmisi Mobil Otomatis

Mendeteksi Kerusakan Transmisi Mobil Otomatis (Sumber Gambar : Says)

Cara Mendeteksi Kerusakan Transmisi Mobil Otomatis

Cara mendeteksi kerusakan pada mobil transmisi otomatis ini merupakan langkah awal, dan hanya mengandalkan panca indra saja. Setelahnya, harus ada tindakan lanjut untuk penanganannya, perlu dibawa ke bengkel yang cukup berpengalaman. Berikut ini adalah cara untuk mendeteksi kerusakan transmisi mobil otomatis

Periksa pelumas transmisi. langkahnya, nyalakan mesin mesin, setelah itu periksa dipstick oli. Apabila warnanya sudah pekat, kehitaman, ataupun cokelat gelap, dan terdapat serbuk kecil seperti serbuk halus besi, tandanya ada yang tidak beres dengan transmisi. Terjadi gesekan yang cukup kasar pada transmisi serta mengikis komponen.

Pengetesan awal. Alihkan transmisi dari R ke N atau D, Apabila ada bunyi pada saat dipindahkan, tandanya ada kerusakan pada komponen. Biasanya bunyi ’trek-trek-trek cukup cepat’ atau bunyi kkrek yang keras.

Pengetesan jalan. Coba diajak jalan. Apabila pada setiap perpindahan terdapat hentakan yang tidak wajar, terlebih muncul suara kasar, kerja transmisi berarti sudah tidak lagi normal.

Sesekali dirasakan mendadak transmisi los, meskipun posisi handle masuk ke posisi D. Tandanya, kerusakan sudah pada tahapan yang agak kronis.

Demikian tulisan tentang Mendeteksi Kerusakan Transmisi Mobil Otomatis yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi pengalaman bagi Anda yang mempunyai mobil bertransmisi otomatis untuk selalu mengetahui kondisi kendaraan.

Mendeteksi Kerusakan Transmisi Mobil Otomatis | Rudiyanto | 4.5