Mendongkrak Tenaga Motor Matic Tanpa Bore – Up

Tuesday, February 14th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Mendongkrak Tenaga Motor Matic Tanpa Bore – Up – Untuk Anda para pengguna sepeda motor matic besutan Yamaha yang telah mengadopsi sistem pembakaran injeksi semisal Mio J, Xeon RC, X-Ride, GT-125 dan bermaksud untuk meningkatkan performa, tidaklah harus melakukan bore-up.

Mendongkrak Tenaga Motor Matic Tanpa Bore - Up

Mendongkrak Tenaga Motor Matic Tanpa Bore – Up (Sumber Gambar : otomotif trend)

Guna memperoleh performa lebih untuk dipergunakan harian, langkah dari bore-up dengan pergantian blok piston, serta head terbilang cukup ekstrem. Hal tersebut dapat diganti dengan pergantian injektor serta Electronic Control Unit atau ECU saja.

Bisa menggunakan injektor SRP 135cc titik enam-port pada Mio J, Xeon RC, X-Ride, dan juga GT-125. Dan mengganti ECU racing RC Mini + dengan 8-map.

Dengan pergantian port injektor yang cenderung lebih besar, asupan bahan bakan akan cenderung lebih banyak. Maka dari itu supaya seimbang, pengapian diperbesar dengan pergantian ECU, dengan demikian tenaga akan naik 1,5 daya kuda.

Supaya hasilnya lebih maksimal, disarankan supaya motor selanjutnya dilakukan penyettingan ulang dengan memakai dyno test. Mengubah setelan Air Fuel Ratio atau AFR dari standar pabrikan 14:5 menjadi 13:5 supaya lebih basah.

Cara tersebut dirasa lebih aman apabila sepeda motor dipergunakan untuk pemakaian harian. Sementara jika mengganti blok piston dan juga head, secara otomatis volume mesin menjadi meningkat dan hal tersebut tidak aman jika kapasitasnya terlalu besar. Semisal pada Mio J dari 110cc menjadi 200cc, hal tersebut tidak masuk akal. Tetapi jika bore-up menjadi 113,7cc atau 150cc masih dianggap aman.

Mendongkrak Tenaga Motor Matic Tanpa Bore – Up | Rudiyanto | 4.5