Mengatasi Body Roll Pada Mobil

Saturday, December 3rd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Mengatasi Body Roll Pada Mobil – Mobil yang mengalami body roll atau istilahnya limbung dapat membuat penumpang merasakan kurang nyaman dan kurang aman. Bahkan, apabila kondisi seperti ini terjadi pada kecepatan yang tinggi, kondisi ini bisa saja berpotensi membuat mobil terbalik.

Mengatasi Body Roll Pada Mobil

Mengatasi Body Roll Pada Mobil

Mengatasi Body Roll Pada Mobil (Sumber Gambar : VWVortex)

Langkah yang dapat menjadi referensi guna mengurangi ataupun menghilangkan body roll pada mobil. Langkah pertama, mengganti komponen suspensi mobil menjadi lebih keras. Akan tetapi, langkah ini tentu akan menjadi mobil juga terasa lebih keras dan seperti gerobak. Kestabilan serta kenyamanan terhadap kabin memang terkadang bertolak belakang. Inilah efeknya jika mengganti suspensi dengan yang lebih keras.

Kondisi body roll pun dapat diatasi dengan menambah penguat pada rangka bodi, seperti menerapkan pemasangan safety bar, yang diposisikan pada ruang mesin depan.

Cara yang lain, dengan sway bar ataupun anti-roll bar, yang bisa mengikat suspensi kiri maupun kanan pada bagian belakang mobil. Umumnya, pemilik mobil mengaplikasikan batang besi berwarna oranye ataupun merah pada kolong bagian belakang mobil.

Demikian artikel mengenai mengatasi body roll pada mobil yang bisa saja terjadi pada mobil tua maupun mobil masa kini. Semua langkah mengatasi body roll haruslah dalam pengawasan mekanik berpengalaman supaya mobil bisa nyaman kembali dan aman dipergunakan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk siapa saja, utamanya untuk para pemilik mobil yang pastinya selalu was-was terhadap kendala yang bisa saja datang pada mobil mereka.

Mengatasi Body Roll Pada Mobil | Rudiyanto | 4.5