Mengatasi Klakson Sepeda Motor Mati

Tuesday, December 27th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Mengatasi Klakson Sepeda Motor Mati – Klakson adalah komponen yang wajib ada di kendaraan bermotor. Sebab klakson bisa mengurangi resiko terjadinya sebuah tabrakan. Oleh sebab itu, perawatan terhadap komponen ini tidak boleh disepelekan supaya tetap berfungsi dengan baik.

Lantas bagaimana bila suara yang dihasilkan oleh klakson semakin tidak terdengar atau justru tidak mengeluarkan suaranya sama sekali? Mengganti komponen klakson dengan yang baru adalah salah satu jalan keluar yang dapat dilakukan. Namun, tak ada salahnya guna memeriksa terlebih dulu penyebab dari munculnya masalah tersebut.

Tips Mengatasi Klakson Sepeda Motor Mati

Mengatasi Klakson Sepeda Motor Mati

Mengatasi Klakson Sepeda Motor Mati (Sumber Gambar : forum.pelicanpart)

Berikut dibawah ini adalah sejumlah tips Mengatasi Klakson Sepeda Motor Mati yang dapat Anda kerjakan sendiri di rumah:

Periksa kondisi dari aki motor

Aki yang mempunyai masalah bisa membuat klakson tidak bersuara. Guna mengetahuinya, periksa lampu sepeda motor dan juga starter elektrik. Jika lampu redup serta starter tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya, dapat dipastikan aki sepeda motor bermasalah.

Periksa kabel klakson

Periksalah kabel yang menyambung langsung dengan komponen klakson. Biasanya klakson terdiri atas dua kabel, yaitu kabel listrik dan juga kabel massa. Jika salah satu atau bahkan kedua kabel tersebut terlepas, akan mengakibatkan klakson tidak mengeluarkan suara.

Periksa baut platina

Baut komponen platina yang ada di bagian belakang klakson dapat menjadi penyebab lain dari klakson yang tidak berbunyi, dikarenakan posisi baut tersebut yang berubah. Guna mengatasinya, bukalah mur pengunci dengan memakai tang, selanjutnya putarlah baut dengan menggunakan obeng sampai posisinya tersebut presisi. Lakukanlah penyettingan sambil menekan tombol klakson.

Periksa kondisi saklar

Kondisi saklar yang kotor ataupun berkarat bisa mengakibatkan klakson tidak mengeluarkan suara. Guna mengatasinya, lepas rumah saklar dari stang sepeda motor dan bersihkanlah dengan memakai amplas halus ataupun cairan anti karat seperti wd-40.

Mengatasi Klakson Sepeda Motor Mati | Rudiyanto | 4.5