Mengatasi Kunci Kontak Seret

Tuesday, January 10th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Mengatasi Kunci Kontak Seret – Saat ini, musim hujan sudah turun dan mulai menyapa sebagian besar wilayah di Tanah Air. Untuk pengendara sepeda motor, hal tersebut bisa saja menjadi masalah cukup serius untuk kesehatan komponen sepeda motor tunggangannya. Termasuk, dengan segala bentuk dampak akibat yang ditimbulkan oleh hujan.

Cara Mengatasi Kunci Kontak Seret

Mengatasi Kunci Kontak Seret

Mengatasi Kunci Kontak Seret (Sumber Gambar : motorcyclekeys.net)

Banyak yang dapat menjadi masalah pada sepeda motor gara-gara paparan air hujan, semisal gejala susahnya memutar kunci kontak. Jika sering terpapar air hujan, suatu saat kunci kontak sepeda motor susah sekali diputar pada posisi ‘ON’. Sebab, sisa dari air hujan dapat menimbulkan karat. Apa yang harus dilakukan Untuk mengatasi kunci kontak seret?

Hal tersebut dapat diatasi dengan cukup mudah. Pemilik sepeda motor dapat menyemprotkan pelumas anti-karat semisal cairan penetran pada rumah kunci kontak sepeda motor. Tunggulah beberapa saat, coba putar dengan perlahan-lahan dan janganlah dipaksakan. Jika dipaksakan kunci mungkin saja patah.

Selain memakai cairan penetran, pemilik sepeda motor juga dapat memakai oli bekas atau lebih baik lagi memakai minyak goreng ke bagian dalam lubang kunci. Akan tetapi penggunaanya harus hati-hati karena menggunakan oli bekas atau minyak goreng dapat mengikat kotoran. Yang paling aman itu menggunakan cairan penetran, atau juga bisa memakai cairan yang dipakai pada mesin jahit. Itu pun dapat menjadi alternatif.

Apapun cairan yang digunakan, intinya adalah harus hati-hati dalam penerapannya. Jangan berlebihan dan diusahakan secukupnya saja. Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya korsleting pada kunci kontak.

Mengatasi Kunci Kontak Seret | Rudiyanto | 4.5