Mengatasi Penyakit Getaran Pada Vespa

Friday, May 19th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Mengatasi Penyakit Getaran Pada Vespa – Ragam masalah yang kerap dikeluhkan oleh para pemilik skuter Vespa ataupun Piaggio di Indonesia, utamanya vespa dengan model yang belum dilengkapi oleh fitur mesin i-Get, adalah masalah getaran yang sangat kencang. Umumnya kejadian tersebut berlangsung ketika sepada motor melaju dalam kecepatan rendah atau pelan seperti pada saat terjebak kemacetan di jalan raya.

Mengatasi Penyakit Getaran Pada Vespa

Mengatasi Penyakit Getaran Pada Vespa (Sumber Gambar : wikimedia)

Masalah getaran di mesin Vespa tersebut dikarenakan tenaga Vespa yang memang terlalu besar, serta pengaturannya kurang sesuai. Umumnya bengkel mengganti per CVT-nya, kemudian bengkel mengganti kampas ganda. Pakailah komponen atau onderdil yang cocok di rpm 1.000 dan 1.500.

Semakin kerasnya per akan menjadikan akselerasinya semakin cepat, dan disertai getaran yang akan semakin berkurang. Dan Satu lagi onderdil atau komponen yang harus diganti adalah roller. Selain dari melakukan pergantian pada tiga komponen tersebut, umumnya bengkel juga mengubah sudut pulley, dari sudut standar Vespa yang 12 derajat diubah menjadi 14 derajat. Insya alloh, penyakit getaran pada Vespa akan menghilang.

Biaya yang perlu dikeluarkan oleh pemilik skuter ikonik yang berasal dari Italia ini, yakni per CVT dengan harga 95 ribu, kampas ganda dengan harga 90 ribu, serta biaya bongkar pada CVT seharga 100 ribu. Selain dari itu, guna mengubah sudut dari pulley dikenakan biaya 50 ribu. Konsultasikan terlebih dahulu sebelum bengkel mengerjakannya.

Mengatasi Penyakit Getaran Pada Vespa | Rudiyanto | 4.5