Mengenal Body Roll Pada Mobil

Saturday, December 3rd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Mengenal Body Roll Pada Mobil – Sesudah mengetahui apa itu istilah body roll atau limbung pada kendaraan khususnya mobil,ini saatnya mengetahui tentang penyebab body roll pada mobil.

Mengenal Body Roll Pada Mobil Dan Penyebabnya

Mengenal Body Roll Pada Mobil

Mengenal Body Roll Pada Mobil (Sumber Gambar : motoIQ)

Penyebabnya cukup sedikit, selain dikarenakan bodi yang cukup tinggi, body roll yang terjadi pada mobil, dapat dirasakan karena faktor sistem suspensi yang terlalu empuk. Kondisi seperti ini akan menjadikan bodi mobil akan lebih mudah bergoyang.

Ketika suspensi terlalu lembut, suspensi tersebut akan sangat mudah membuat gerakan bodi mobil yang lebih mudah, apabila dibandingkan dengan suspensi yang keras. Contohnya pada mobil ceper dan mobil formula 1

Ciri Dari Body roll

Mobil yang mengalami body roll dapat dirasakan pula ketika bodi mobil bergoyang-goyang pada saat melewati jalanan yang tidak rata, ataupun sewaktu mobil berbelok sedikit pada jalan tol saat berpindah jalur.

Selain dari itu, ciri lain dari body roll adalah gerakan pada tubuh mobil cukup lebih banyak, yang mana penumpang akan merasakan bodi yang bergerak secara tidak wajar, hak tersebut Akan lebih terasa pada bagian belakang mobil.

Jika kita membuntuti mobil yang body roll, bodinya akan terlihat bergerak-gerak secara berlebih ketika berbelok ataupun pindah jalur. Guna mendeteksi body roll, umumnya di tes dengan cara melaju secara zig-zag melewati cones. Kemudian diamati seberapa jauhkah bodi terlempar pada arah luar. Semakin kecil terlemparnya, semakin baik body roll-nya.

Mengenal Body Roll Pada Mobil | Rudiyanto | 4.5