Mengenal Busi Iridium

Monday, October 31st, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Mengenal Busi Iridium – Pada rangkaian sistem pengapian pada mesin kita tentu mengenal istilah busi iridium. Busi jenis tersebut dikenal cukup mahal harga satuannya akan tetapi keuntungannya adalah lebih awet dipakai, namun apa sebenarnya yang membedakan busi iridium dengan busi jenis lain?

Mengenal Busi Iridium

Mengenal Busi Iridium

Mengenal Busi Iridium (Sumber Gambar : iridiumsaver)

Busi iridium merupakan busi dengan ujung inti dari elektroda “bagian yang memercikan api” bermaterial iridium alloy. Pada akhir abad ke 20 Iridium dipergunakan dalam desain alloy “logam campuran” sebagai bagian dari konstruksi busi.

Kombinasi iridium alloy memperoleh konduksi yang lebih baik serta materialnya tahan pada kondisi ekstrem dengan titik leleh sampai 2.500 °C. Alasan tersebut yang menjadikan ujung inti elektroda bisa dirancang sangat kecil, ukurannya yang bisa mencapai 0,4 mm dan dianggap paling kecil di dunia.

Bentuk ujung dari inti elektroda yang meruncing menjadikan percikan api lebih fokus pada 1 titik dan juga stabil dan mengurangi tegangan listrik atau voltase yang diperlukan guna mencapai jarak percikan.

Kelebihan menggunakan busi iridium yakni mengurangi beban sistem nyala mesin dikarenakan voltase listriknya cenderung kecil dan percikan api yang fokus mendapatkan posisi bakar yang pas dan tepat waktu untuk langkah pembakaran di dalam mesin.

Menurut lansiran website sparkplugs, kelebihannya yaitu meningkatkan respons tuas gas, meninggikan level efisiensi pada konsumsi bahan bakar, lebih awet hingga 10 kali lipat daripada busi konvensional, meningkatkan tenaga mesin 1 sampai dengan 3 persen, serta mengurangi emisi.

Mengenal Busi Iridium | Rudiyanto | 4.5