Mengenal Fungsi Kiprok Sepeda Motor

Monday, October 31st, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Mengenal Fungsi Kiprok Sepeda Motor – Sebagian besar dari pemilik kendaraan roda dua, lebih memperhatikan sistem kelistrikan aki dibanding kiprok. Padahal salah satu faktor yang dapat membuat aki cepat rusak ataupun awet, adalah kiprok.

Mengenal Fungsi Kiprok Sepeda Motor

Mengenal Fungsi Kiprok Sepeda Motor (Sumber Gambar : beritagar)

Pada bahasa teknis, kiprok dikenal sebagai rectifier regulator. Dari arti masing-masing kata tersebut, dapat diketahui bila komponen ini mempunyai dua fungsi kelistrikan.

Rectifier sendiri artinya yakni penyearah, yang mana tegangan listrik yang dihasilkan mesin dengan jenis AC atau alternating current, diubah menjadi DC atau direct current. Dengan demikian, listrik baru akan bisa masuk dan juga disimpan ke dalam aki.

Listrik yang dihasilkan oleh komponen spul itu jenis listrik AC, sementara itu, listrik yang dapat disimpan pada aki yaitu DC. Jadi tidaklah mungkin dari spul bisa langsung pada komponen aki tanpa disearahkan terlebih dahulu lewat kiprok tersebut.

Arti regulator sendiri yakni alat pengatur, dalam hal tersebut pastinya terkait kelistrikan. Jadi, pada saat aki telah penuh terisi, oleh listrik yang diperoleh dari putaran mesin, maka dengan otomatis kiprok akan mengehentikan pasokan listrik pada aki serta membuangnya ketempat lain.

Pada saat sepeda motor dikendarai, tentunya mesin akan terus berputar, serta selama itu pula listrik tidak berhenti dihasilkan. Tetapi aki mempunyai batas waktu tertentu hingga akhirnya terisi penuh, dan tidak lagi membutuhkan pasokan listrik. Ketika hal tersebut terjadi, kiprok akan mengatur aliran listrik, dengan mengalihkannya pada bagian yang lain dari sepeda motor, supaya tidak mengalami overcharge terhadap aki, yang dapat membuatnya rusak.

Dikarenakan begitu pentingnya kirpok terhadap sepeda motor, diharapkan pada saat sedang melakukan servis rutin ataupun baru mengganti aki, ada baiknya periksa tegangannya, apakah tegangannya normal atau tidak. Sehingga kondisi dari kiprok dapat terus terpantau, sudah rusak atau masih bagus.

Mengenal Fungsi Kiprok Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5