Mengenal Sistem Pendingin Sepeda Motor

Monday, October 24th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Mengenal Sistem Pendingin Sepeda Motor – Sepeda motor mempunyai dua cara guna mendinginkan mesin, yaitu jenis pendingin udara dan pendingin cairan atau lebih dikenal dengan sebutan water coolant. Perbedaan keduanya dapat dilihat dari silinder com.

Mengenal Sistem Pendingin Sepeda Motor

Mengenal Sistem Pendingin Sepeda Motor (Sumber Gambar : bikesindia)

Pada motor yang mempergunakan water coolant atau pendingin cairan, pada bagian silinder com-nya terlihat lebih halus, sedangkan pada motor yang mempergunakan pendingin udara silinder com-nya tampak bersirip.

fungsi dari sirip-sirip pada motor dengan pendingin udara, agar udara yang mengenai pada bagian mesin lebih banyak masuk.

Sedangkan pada motor dengan pendingin cairan atau water collant, silinder com-nya tampak halus, dan tidak memerlukan angin yang banyak dikarenakan sudah terbantu oleh cairan pendingin.

Cara kerja dari radiator, apabila kita membuka bagian silinder com tersebut terdapat water jaket, yang dikenal sebagai tempat air berputar. Jadi cairan tersebut berputar ketika mesin dihidupkan, serta tidak melewati radiator, putarannya dari pompa menuju silinder com dan kembali lagi.

Pada saat suhu panas mencapai suhu 76 derajat, termostart tersebut seperti keran dan akan membuka, sehingga cairan ada yang menuju radiator, dan ada yang masuk baypas. Apabila suhu misalnya menyentuh suhu 85 derajat, saluran baypas menutup sehingga seluruh cairan masuk menuju radiator. Jadi dari pompa, mesin, didinginkan masuk kembali menuju bagian pompa lagi.

Demikian artikel berkenaan tentang Mengenal Sistem Pendingin Sepeda Motor yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menjadi wawasan tambahan bagi pembaca sekalian

Mengenal Sistem Pendingin Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5