Mengenal Teknik Jumper Aki Pada Mobil Mogok

Tuesday, July 18th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Mengenal Teknik Jumper Aki Pada Mobil Mogok – Jumper aki, atau yang biasanya juga disebut dengan istilah jump start, merupakan satu solusi pada saat mobil susah untuk distarter dikarenakan masalah aki yang sudah lemah. Sederhananya teknik jumper berguna untuk mengalirkan listrik dari aki eksternal pada aki yang sudah terpasang di mobil.

Mengenal Teknik Jumper Aki Pada Mobil Mogok

Mengenal Teknik Jumper Aki Pada Mobil Mogok (Sumber Gambar : jualanotomotif)

Jumper Aki bukan hal yang “haram” untuk dilakukan, alasannya, tidak terdapat efek buruk dari teknik semacam ini. Bahkan jumper pada mobil tersebut adalah cara yang paling mudah. Terlebih pada mobil yang rusaknya adalah mobil matik yang tidak dapat didorong untuk dapat dibawa pada tempat toko aki.

Guna mengantisipasi mobil yang mogok dikarenakan aki soak, ada baiknya selalu menyiapkan kabel jumper supaya saat meminta pertolongnya lebih gampang. Adapun kabel jumper sudah cukup mudah ditemui di berbagai toko-toko otomotif.

Namun yang perlu diingat, kabel tersebut haruslah bisa menahan tegangan listrik yang besar. Sebab jika tidak, risikonya mungkib bisa sampai terbakar.

Adapun cara untuk men-jumper mobil adalah yang pertama, menghubungkan kabel merah pada terminal positif dari aki atau baterai, sementara kabel hitam pada terminal negatif atau pada blok mesin. Pada tahap tersebut haruslah diperhatikan adalah baik kendaraan yang akinya sudah soak dan kendaraan penolong pada kondisi mati.

Sesudah itu, hidupkan terlebih dahulu mobil yang akinya masih bagus. Diamkanlah beberapa menit. Sesudah itu barulah starter mobil yang bermasalah.

Meski jumper aki merupakan solusi, akan tetapi tetap haruslah diperhatikan bahwa teknik ini merupakan solusi untuk situasi darurat. Artinya, sesudah itu aki yang bermasalah tetap wajib diganti.

Mengenal Teknik Jumper Aki Pada Mobil Mogok | Rudiyanto | 4.5