Mengganti Ban Mobil Dengan Ban Serep Dengan Benar

Wednesday, July 26th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Mengganti Ban Mobil Dengan Ban Serep Dengan Benar – Masih ada banyak pemilik atau pengendara mobil yang belum mengetahui cara untuk membongkar dan juga memasang ban yang benar serta aman. Padahal, hal tersebut adalah pengetahuan dasar yang wajib dimiliki oleh para pengguna kendaraan roda empat.

Mengganti Ban Mobil Dengan Ban Serep Dengan Benar

Mengganti Ban Mobil Dengan Ban Serep Dengan Benar (Sumber Gambar : Pixabay)

Sebetulnya, membongkar dan memasang ban mobil sangatlah mudah untuk dilakukan. Langkah yang pertama yang perlu dilakukan yaitu pastikan mobil terparkir pada tempat yang sangat aman.

Sesudah itu mulailah menyiapkan alat-alat untuk membongkar serta mengganti ban mobil. Pastikanlah pula ban cadangan atau ban serep masih ada pada kondisi yang baik, baik itu secara fisik serta pula tekanan udaranya sehingga aman untuk digunakan.

Berikutnya adalah melepas ban yang bermasalah. Kendorkanlah baut dari roda ban yang bermasalah dengan memakai kunci roda, putarlah berlawanan arah secukupnya sampai kendor sedikit.

Sesudah baut roda dirasa kendor, mulailah mendongkrak kendaraan dengan memakai dongkrak yang tersedia pada sisi yang mana ban tersebut bermasalah, posisi saat meletakan dongkrak berbeda-beda tergantung pada tipe mobil.

Usahakan batang dongkrang diletakan pada tempat yang keras seperti pada pangkal rocker panel ataupun pada housing gardan, posisi dari peletakan dongkrak dapat ditemukan di buku panduan pemilik mobil.

Sesudah mobil terangkat sedikit, pastikanlah posisi dongkrak telah aman, setelah itu lanjutkanlah melepas ban dengan melepaskan mur roda yang sudah kendor satu persatu.

Kemudian pasanglah roda cadangan, serta pasang pula mur roda dan dikencangkan dengan tangan secara merata. Turunkanlah kendaraan, kemudian kencangkanlah setiap mur dengan sangat kuat dengan urutanan yang menyilang.

Sebisanya janganlah menggunakan peralatan selain tangan Anda, semisal pipa ataupun palu, karena dapat merusak baut roda.

Mengganti Ban Mobil Dengan Ban Serep Dengan Benar | Rudiyanto | 4.5