Mengganti Karet Wiper Sendiri

Monday, February 6th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Mengganti Karet Wiper Sendiri – Pada saat memasuki musim hujan, penghapus kaca depan mobil atau wiper menjadi komponen atau perangkat yang wajib untuk diperiksa. Sebab, di setiap sapuannya bisa menentukan jarak pandang Anda ketika berkendara di jalan.

Tips Cara Mengganti Karet Wiper Sendiri

Mengganti Karet Wiper Sendiri

Mengganti Karet Wiper Sendiri (Sumber Gambar : viva)

Apabila sapuan dari komponen wiper tersebut sudah tidak maksimal, yang harus diganti dari komponen tersebut tentu karetnya. Lalu, bagaimanakah cara mengganti karet wiper, tanpa harus membawanya ke bengkel. Melakukan langsung, cara mengganti karet wiper yang mudah tanpa harus mengeluarkan dana untuk membayar jasa bengkel.

Langkah yang pertama, siapkanlah karet wiper yang tentunya masih baru, sesuai dengan ukuran. Kemudian, lepaskan karet wiper bekas serta rangkanya pada tangkai wiper.

Biasanya, komponen karet wiper yang berstandar pabrik masih disematkan rangka dengan bahan plat. Untuk melepaskannya, masukkanlah jari Anda pada bagian tengah rangka pengait kemudian tekan klip ke posisi dalam.

Apabila klip telah ditekan, tinggal didorong saja rangka wiper menuju bawah. Bilsa sudah lepas dari tangkai wiper, lepaskan karet bekas dari rangka tersebut, dengan menarik klip karet tersebut pada ujung rangka.

Sesudah itu, masukkanlah karet wiper yang baru, dengan menggeser karet wiper tersebut dari bawah hingga ke atas. Kemudian, kunci kembali klip serta pastikan karet wiper berada pada rel rangka.

Bila menggunakan karet wiper aftermarket satu set dengan komponen rangka, tidak harus repot mencopot karet dari rel. Cukup mengkaitkan kembali rangka dari bawah hingga ke atas untuk menguncinya.

Mengganti Karet Wiper Sendiri | Rudiyanto | 4.5