Menghadapi Rombongan Konvoi Dijalan

Sunday, September 25th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Menghadapi Rombongan Konvoi Dijalan – Rombongan konvoi kerap kita temui saat kita berkendara, baik itu saat kita menggunakan motor ataupun mobil. Rombongan konvoi memang kerap menghambat, namun jika kita sikapi, mungkin kita bisa mengerti. Pastikanlah untuk selalu menggunakan prinsip safety driving ketika bertemu dengan rombongan konvoi.

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan pada saat berada di belakang iring-iringan konvoi kendaraan. Pertama, selalu berhati-hati mengenai pengereman mendadak. Waspadai juga perpindahan jalur dengan tiba-tiba. Tingkat kewaspadaan wajib ditingkatkan pada saat konvoi yang dihadapi adalah konvoi rombongan mobil. Dikarenakan mobil cenderung mempunyai blind spot yang cukup besar.

Safety Driving Untuk Menghadapi Rombongan Konvoi Dijalan

Menghadapi Rombongan Konvoi Dijalan

Menghadapi Rombongan Konvoi Dijalan

Menyalip konvoi memang tak dilarang. Namun, tanyakan dulu tiga hal ini kepada diri kita sendiri; amankah, pentingkah, dan benarkah? Menyalip sebuah rombongan konvoi dibutuhkan perhitungan yang matang. Sangat penting berkomunikasi dengan rombongan konvoi yang ada di depan pada saat ingin mendahului. Caranya dapat dengan memberikan isyarat lampu jauh, sein atau klakson.

Terkadang konvoi tidak berada di depan kita. Tetapi datang dari belakang serta berusaha mendahului. Untuk situasi seperti ini tentunya berbeda cara menghadapinya. Mendasar pada konsep defensive driving, toleransi jadi kunci.

Untuk pengguna jalan yang dihadapkan dengan pengendara rombongan konvoi atau group riding haruslah memiliki rasa empati yang sangat tinggi. Seperti memberikan jalan ataupun membuka jalan supaya konvoi tidak terganggu.

Sebetulnya memberi jalan untuk pengendara lain adalah hal yang level kerugiannya masih bisa ditoleransi. Maksimalnya hanya merugikan Anda untuk beberapa menit saja. Tetapi Anda tidak akan mempunyai risiko terlibat konflik dengan rombongan konvoi tersebut.

Demikianlah artikel Menghadapi Rombongan Konvoi Dijalan yang dapat kami jelaskan. Semoga bermanfaat dan menjadi ilmu tambahan bagi para pembaca.

Menghadapi Rombongan Konvoi Dijalan | Rudiyanto | 4.5