Menguras Minyak Rem Sepeda Motor

Friday, October 28th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Menguras Minyak Rem Sepeda Motor – Merawat rem cakram tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Mengganti minyak rem sebetulnya dapat dikerjakan sendiri di rumah dengan bekal perkakas yang memadai.¬†Minyak lebih baik diganti setiap setahun sekali ataupun kurang lebih 10 ribu kilometer. Periode tersebut tergolong cepat dikarenakan fungsi dari minyak rem sendiri yang bekerja sebagai pendorong piston pada kaliper serta sering terkena rambatan panas dikarenakan gesekan pada kampas.¬†Selain dari itu, menguras minyak rem dengan rutin mencegah terjadinya ‘angin palsu’ yang diakibatkan minyak rem mendidih dan rusak dikarenakan sering terkena panas.

Cara Menguras Minyak Rem Sepeda Motor

Menguras Minyak Rem Sepeda Motor

Menguras Minyak Rem Sepeda Motor (Sumber Gambar : youtube)

Agar tidak mengalami angin palsu, rajinlah menguras minyak rem. Dapat dikuras sendiri ataupun di bengkel. Menguras sendiri modalnya hanya kunci 8 dan obeng kembang.

Cara menguras minyak rem dimulai dengan membuka katup pembuangan pada kaliper mempergunakan kunci 8 guna mengendurkan mur pengikat ada baiknya bila memasang selang pada pembuangan minyak rem atau pada mur pengikatnya supaya minyak rem tidak menyembur kemana-mana. Sesudah itu, tekanlah pedal atau tuas rem berulang kali sampai tidak ada minyak yang tersisa pada reservoir.

Bukalah reservoir menggunakan obeng kembang setelah itu isilah minyak rem sampai batas atas. Sesudah diisi, tekan serta tahan pedal atau tuas rem hingga pada katup pembuangan keluar minyak rem.

Langkah yang terakhir yakni mengencangkan kembali mur pengikat yang ada pada katup pembuangan pada kaliper memakai kunci 8, sambil menahan pedal pada posisi paling mentok supaya tidak kemasukan udara.

Menguras Minyak Rem Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5