Menjaga Dan Membersihkan Sistem Pengereman Mobil

Thursday, October 6th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Menjaga Dan Membersihkan Sistem Pengereman Mobil – Brake cleaner saat ini sudah banyak dijual dipasaran. Apakah fungsi dari cairan tersebut? Serta bagaimana cara mempergunakannya? Berikut ini adalah tips cara menjaga sistem┬ápengereman mobil. Jika Anda memperhatikan velg mobil Anda sesudah menempuh perjalanan yang jauh, akan terlihat velg yang cukup kotor dikarenakan banyak debu yang menempel. Selain dari debu jalanan, kampas rem pun jadi salah satu penyebab kotornya velg tersebut. Artinya, gesekan antara kampas rem serta piringan rem atau cakram akan menghasilkan debu. Bukan tak mungkin, debu serta kotoran jalan pun bisa melekat pada sistem rem yang bisa menyebabkan rem berbunyi pada saat pedal rem diinjak. Hal tersebut tentu akan menggangu kenyamanan Anda ketika berkendara.

Tips Menjaga Dan Membersihkan Sistem Pengereman Mobil

Menjaga Sistem Pengereman Mobil

Menjaga Sistem Pengereman Mobil (Sumber Gambar : youtube)

Debu dan kotoran jalan yang melekat di sistem rem pun mempunyai potensi merusak cakram. Baret pada piringan rem jadi efek dari kerusakan yang disebabkan oleh debu serta kotoran jalanan.

Disinilah peranan brake cleaner bekerja. Tanpa harus membongkar, Anda bisa membersihkan perangakat deselerasi pada mobil Anda dengan cukup mudah dan cukup cepat. Apabila proses tersebut dilakukan secara berkala, otomatis sistem pada rem akan selalu dalam kondisi maksimal dan masa pemakaian dari cakram pun akan semakin lama.

Brake Cleaner merupakan cairan pembersih sistem pengereman yang sudah dipasarkan di toko aftermarket serta harganyapun cukup terjangkau dan berkisar Rp 30.000-60.000. Berikut dibawah ini beberapa langkah yang dapat Anda kerjalkan sendiri guna membersihkan perangkat rem di mobil Anda.

Membersihkan Rem Cakram

Pada rem cakram pada velg yang berongga dengan kaliper rem pada roda yang terlihat, brake cleaner bisa langsung disemprotkan pada bagian tersebut. Sifat dari cairan ini melarutkan debu serta minyak pada komponen pengereman, bisa langsung bekerja dengan efektif.

Jika mobil Anda mempergunakan velg konvensional atau desain velg dengan kaliper tertutup, Anda perlu melepaskan roda lebih dulu supaya bisa membersihkan perangkat sistem rem dengan maksimal. Atau Anda perlu mengulangi langkah penyemprotan tersebut sampai dua atau tiga kali, guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Membersihkan Rem Tromol

Memang, pada kemampuan pengereman, rem tromol lebih pakem dari rem tipe cakram, tetapi langkah pelepasan panas serta kotoran jadi kendala dari rem dengan tipe ini.

Oleh karena itu, tidak ada cara lain terkecuali membongkar perangkat tersebut guna membersihkan rem dari debu kampas itu sendiri. Bagian tromol harus dibuka terlebih dahulu dengan cara mengetuknya dengan menggunakan palu dengan perlahan.

Menjaga Dan Membersihkan Sistem Pengereman Mobil | Rudiyanto | 4.5