Menjaga Kinerja Komponen Radiator Mobil

Friday, May 26th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Menjaga Kinerja Komponen Radiator Mobil – Salah satu onderdil atau komponen yang cukup penting yang terdapat pada kendaraan khususnya roda 4 atau mobil adalah radiator. Fungsi utama dari radiator adalah sebagai pendingin mesin. Cara kerjanya, panas dari mesin akan diserap oleh cairan radiator atau coolant yang bersirkulasi.

Menjaga Kinerja Komponen Radiator Mobil

Menjaga Kinerja Komponen Radiator Mobil (Sumber Gambar : wikimedia)

Melihat dari fungsinya tersebut, radiator pastinya sangat berguna utamanya ketika kendaraan digunakan untuk perjalanan jauh, semisal pada saat mudik lebaran atau libur hari besar lainnya. Oleh karena itu, komponen tersebut haruslah senantiasa dirawat supaya performa dan kinerjanya tetap maksimal.

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan supaya kondisi radiator tetap selalu terjaga seperti baru. Kesemua hal tersebut mencakup bagian luar radiator, bagian dalamnya, tutup, selang dan juga pompa oli.

Yang pertama, bagian luar komponen radiator wajib dijaga sisi kebersihannya. Perhatikan kisi-kisi pada radiator. Janganlah sampai komponen tersebut dipenuhi oleh kotoran karena bila hal itu terjadi, arus angin bisa terhambat dan yang pada akhirnya langkah atau proses pendinginan tidak akan maksimal.

Kedua, bagian dalamnya. Usahakanlah supaya bagian tersebut tidak terserang karat. Dalam masalah ini, ada baiknya selalu membersihkan dengan menguras air minimalnya 1 tahun sekali. Ini semakin lagi penting untuk mobil-mobil yang sudah tua.

Ketiga pada bagian selang. Daya tahan dari penghubung utama diantara mesin menuju radiator tersebut akan terus menurun. Sebaiknya selang tersebut langsung diganti bila ada gejala kebocoran.

Keempat pada bagian tutupnya. Pastikanlah bagian tersebut selalu dalam kondisi yang baik dengan cara memperhatikan komponen pegas juga karet penyekat. Jika komponen tersebut sudah rusak, temperatur mobil dapat dengan cepat meningkat dan bisa terjadi panas berlebih.

Yang terakhir pada pompa oli. Seperti halnya pada bagian lain, jika pompa oli tersumbat oleh partikel kotoran kemungkinan besarnya akan membuat suhu dari mesin mobil cencerung lebih cepat panas.

Menjaga Kinerja Komponen Radiator Mobil | Rudiyanto | 4.5