Menjaga Sistem Pengapian Sepeda Motor

Friday, December 2nd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Menjaga Sistem Pengapian Sepeda Motor – Komponen pada sepeda motor yang paling dirasa rawan terganggu ketika musim hujan adalah komponen dari sistem pengapian. Hal tersebut dikarenakan pada sejumlah jenis motor seperti sepeda motor bebek dan juga sepeda motor matic mempunyai bentuk blok mesin yang horizontal.

Menjaga Sistem Pengapian Sepeda Motor

Menjaga Sistem Pengapian Sepeda Motor

Menjaga Sistem Pengapian Sepeda Motor (Sumber Gambar : aripitstop)

Layout mesin ini menjadikan cangklong atau sambungan kabel busi beresiko terkena cipratan air hujan. Kondisi tersebut berpotensi motor mogok atau mati secara mendadak.Bagian dari sistem pengapian perlu dilindungi dengan maksimal pada saat musim hujan.

Sambungan kabel dari komponen koil pada cangklong busi bisa di tutup dengan lakban supaya tidak kemasukan air. Lebih baik lagi jika dilapisi dengan sealant yang umumnya digunakan untuk akuarium.

Cipratan air sebetulnya tidak bisa masuk ke bagian dalam mesin lewat sela-sela busi. Supaya aliran listrik dari komponen koil terus terdistribusi secara baik maka kondisi dari cangklong busi pun jangan sampai tidak terurus.

Jika cangklong masih bagus, sebetulnya tidak mudah kemasukan air pada sambungan kabelnya. Akan tetapi, jika sela-sela cangklong serta kabel koil sudah terlanjur terkena air, cara untuk mengatasinya cukup mudah. Hanya melepasnya dari cangklong untuk selanjutnya dibersihkan.

Apabila kemasukan air, buka kabel dan bersihkanlah sisa-sisa dari air yang telah merembes hingga kabel sampai kering. Perlu diingat juga, ujung dari elektroda pada cangklong pun dikeringkan dengan langkah meniup sambil dikibaskan agar sisa dari air yang berada di dalamnya keluar seluruhnya, Selanjutnya pasang kembali seperti semula.

Menjaga Sistem Pengapian Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5