Merawat Pintu Geser Elektrik

Saturday, July 30th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Merawat Pintu Geser Elektrik – Mobil yang dibekali dengan fitur pintu geser elektrik menghadirkan kemudahan akses untuk penumpang masuk dan keluar kabin. Tetapi bila telalu terlena tidak dirawat dengan baik, fitur ini malah bisa mempersulit akses penumpang mobil tersebut.

Pada dasarnya, tipe pintu geser mobil yang dipergunakan untuk mengakses tempat duduk baris kedua atau ketiga terdiri atas dua jenis, yaitu jenis manual yang masih perlu dibuka dan ditutup menggunakan tangan dan jenis elektrik atau yang biasanya disebut dengan Power Door.

Tipe pintu geser elektrik ditopang oleh motor listrik yang bisa dibuka dan ditutup cukup dengan menekan tombol khusus. Tipe pintu jenis ini telah digunakan di beberapa mobil, misalnya pada Toyota Alphard, Vellfire, Nav1, Sienta, Honda Freed, Nissan Elgrand serta Mazda Biante.

Merawat Pintu Geser Elektrik

Merawat Pintu Geser Elektrik (Sumber Gambar : pertamax7)

Cara Merawat Pintu Geser Elektrik

Walaupun rangkaian perangkat pintu geser elektrik tidak serumit sistem kelistrikan di mesin, akan tetapi diperlukan perlakuan khusus dan dan perawatan yang tepat supaya perangkat yang mendukung performanya tidak lebih cepat bermasalah sejalan dengan pemakaian dan umur mobil.

Berikut ini adalah tips cara merawat pintu geser elektrik mobil agar lebih awet dan tahan lama :

  1. Berusaha untuk meminimalisir tenaga tangan (menarik dan mendorong menggunakan tangan) saat membuka atau menutup pintu geser.
  2. Jangan terlampau sering membuka atau menutup pintu dengan mode otomatis pada saat mesin mati supaya tidak membuat aki atau baterai cepat habis.
  3. Supaya performa motor listrik selalu terjaga, hindari hal-hal yang bisa menambah beban kerja pintu dengan membersihkan perangkat rel dan tali sling pengait secara rutin.

    Penggunaan lap bersih yang dibasahi dengan cairan cleaner sucukupnya guna membersihkan debu atau kotoran lain yang terdapat pada rel atau tali sling.

  4. Saat melaksanakan service rutin, pinta mekanik agar melumasi rel dengan gemuk atau pelumas pasta supaya kinerja tali sling tetap baik saat pintu terbuka ataupun tertutup.
  5. Bila terdengar bunyi mendecit seakan tidak kuat untuk bergerak pada saat pintu terbuka atau tertutup, maka ada indikasi bahwasanya motor listrik mulai lemah. Lakukanlah pengecekan di bengkel terkait serta cepat ganti motor listrik jika diperlukan.
  6. Suara mendecit belum tentu disebabkan motor listrik yang mulai lemah, bisa saja disebabkan tali sling yang bermasalah. Harga sparepart ini cukup lebih murah dibandingkan mengganti motor serta magnet pintu keseluruhan.
  7. Pintu geser elektrik dibuka dengan cara menekan tombol atau menarik tuas pintu satu kali. Janganlah berusaha mempercepat laju bukaan pintu pada saat sedang aktif apalagi memaksa dengan sekuat tenaga.
Merawat Pintu Geser Elektrik | Rudiyanto | 4.5