Merawat Power Steering Elektrik

Saturday, July 30th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Power Steering merupakan bagian atau komponen yang digunakan pada sistem kemudi yang berfungsi meringankan beban dan mengontrol kemudi sebuah mobil. Power Steering pada mobil memerlukan perlakuan khusus supaya tetap awet atau tidak mudah aus dan rusak, kebiasaan buruk mengemudi yang membuat Power Steering cepat aus harus dihilangkan.

Pada kendaraan yang mempergunakan full power steering electronik (Electronic Power Steering) atau EPS, perawatan tidak sesulit seperti pada power steering semi hidrolik atau hidrolik karena komponen EPS semua menggunakan sistem elektronik dan tentunya dikontrol dengan sensor elektronik sehingga dapat lebih gampang mendeteksi kerusakan karena indikator akan menampilkan sinyal jika EPS ini dalam masalah, biasanya bila terjadi kerusakan pada EPS komponennya tidak bisa diperbaiki akan tetapi harus diganti komponen yang rusak tersebut. Maka dari itu Anda harus tahu bagaimana merawat power steering elektrik dengan benar sehingga terhindar dari kerusakan yang dapat memaksa Anda mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk pergantian komponen yang terbilang cukup mahal ini.

Tips Merawat Power Steering Elektrik

Merawat Power Steering Elektrik

Merawat Power Steering Elektrik (Sumber Gambar : nsxprime)

Perlu diketahui juga, sistem kerja power steering elektronik (Electronic Power Steering/EPS) sudah berkerja sejak kunci kontak diputar dan mesin mobil hidup. Untuk memastikan sistem kerjanya berjalan, indikator EPS menyala di panel instrumen dasboard mobil Anda. Pada saat itulah dinamo listrik akan tersambung dengan batang kemudi. Dan, fungsi kerjanya akan terasa ketika kemudi diputar. Berikut tips merawat power steering elektrik:

  1. Usahakan untuk tidak berkendara dijalan yang terendam banjir atau hindari genangan air lebih dari batas roda. Hal ini dapat membuat sistem elektronik atau kelistrikan rusak.
  2. Tetap melakukan pemeriksaan rutin maksimal 1 tahun sekali pada power steering elektronik. Hal itu untuk mengetahui apakah ada problem atau tidaknya terhadap sistem. Meskipun, power steering bisa dikatakan jarang rusak, namun kita harus tetap memberikan perhatian yang continue dan khusus.
  3. Menjaga kecepatan saat berkendara dengan stabil agar menghindrkan terkejutnya sensor pada power steering terhadap motor listrik.
Merawat Power Steering Elektrik | Rudiyanto | 4.5