Merawat Wiper Mobil

Thursday, August 4th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Merawat Wiper Mobil – Wiper atau pembersih air hujan saat berkendara dalam cuaca hujan adalah komponen mobil yang sangat penting, apalagi pada saat musim penghujan. Wiper yang berfungsi dengan baik akan membantu Anda pada saat cuaca hujan. Air hujan yang menyirami kaca akan membuat jarak pandang pengendara terbatas dan akan mengganggu konsentrasi pengendara mobil.

Cara Merawat Wiper Mobil

Merawat Wiper Mobil

Merawat Wiper Mobil (Sumber Gambar : Whells)

Seperti komponen lain, wiper juga memerlukan perawatan. Merawat wiper mobil tidak membutuhkan keahlian yang khusus ataupun harus mendatangi bengkel resmi. Cukup pengendara atau pemilik sendiri yang melakukan perawatan wiper. Berikut adalah cara merawat wiper mobil yang bisa Anda lakukan di rumah;

Cek bagian karet wiper dengan seksama, bila terlihat sudah getas sebaiknya karet wiper segera di ganti. Mempergunakan wiper yang karetnya sudah getas akan mengakibatkan kerusakan pada kaca mobil anda.

Jangan lakukan pembersihan atau pengelapan pada pinggiran karet wiper. Pada sisi pinggiran karet wiper ada lapisan kimia yang berfungsi untuk menjaga elastisitas karet. Bersihkan hanya ujung karet wiper mobil Anda dengan menggunakan kanebo yang basah.

Renggangkan wiper mobil Anda pada saat tidak digunakan atau Anda dapat memasang penyangga supaya wiper agak terangkat. Penyangga atau stand wiper bisa dibeli di toko sparepart mobil dengan harga yang cukup murah. Fungsi penyangga atau wiper untuk mencegah kotoran menempel pada ujung karet wiper pada saat wiper tidak dipergunakan.

Merawat wiper mobil dengan cara memeriksa komponen poros engkol wiper, semprotkan cairan wd40 secara rutin supaya pergerakan wiper bisa lancar dan tidak tersendat.

Aturlah arah semprotan wiper pada wilayah dimana wiper akan menyapu air. Apabila lubang semprotan wiper macet pakailah peniti atau jarum untuk memperlancar semprotan dan mengatur arah semprotan air wiper.

Demikian cara mewarat wiper mobil yang dapat dilakukan di rumah sebagai tambahan ilmu tentang cara merawat mobil sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Merawat Wiper Mobil | Rudiyanto | 4.5