Mitos-Mitos tentang Nitrogen untuk Ban Motor

Friday, May 13th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Ketokoku.net – Berbagai macam teknologi pembaharuan terus bermunculan guna menciptakan kenyamanan untuk para pengendara sepeda motor. Kini, semakin banyak para pengendara sepeda motor yang lebih memilih nitrogen untuk mengisi angin ban. Pada mulanya nitrgoen untuk ban banyak digunakan untuk mobil, namun belakang para pengguna sepeda motor pun ikut menggunakannyan.

Perpindahan penggunaan angin biasa ke nitrogen diiringai dengan munculnya asumsi-asumsi masyarakat yang tidak sedikit hanya mitos belaka. Para pebisnis mulai gencar meluruskan asumsi masyarakat yang salah tersebut dengan memberikan edukasi.

Memang nitrogen untuk ban motor tidak kalah penting dari mobil, karena dalam nitrogen mengandung hanya sedikit kandungan air sehingga bisa mengindakan karat dari ban. Selain itu nitrogen juga mempunyai tekanan yang jauh lebih stabil dari udara biasa, sehingga angin dalam ban akan tahan panas dan tahan lama.

Mitos-Mitos tentang Nitrogen untuk Ban Motor

Mitos-Mitos tentang Nitrogen untuk Ban Motor

Mitos-Mitos tentang Nitrogen untuk Ban Motor

Itulah manfaat sebenarnya daripada gas nitrogen. Selain informasi manfaat tersebut ternyata juga sudah menyebar luas informasi mitos yang kini dengan renyahnya dikonsumsi oleh masyarakat. Berikut ini beberapa mitos yang sudah terlanjur beredar di masyarakat, yang pada kenyataannya itu adalah salah.

1. Nitrogen katanya tidak bisa digunakan pada pelek jenis jari-jari. Faktanya, karena nitrogen tidak mengandung banyak air, maka jari-jari pelek yang terbuat dari logam tersebut akan lebih terhindar dari karatan.

2. Nitrogen hanya bisa digunakan pada jenis ban tubeless. Faktanya, semua jenis ban membutuhkan tekanan yang stabil, terlebih untuk ban selain tubeless. Karena jenis ban tersebut lebih mudah terjadi pemuaian karena panas, maka dengan diisi nitrogen yang notabene tahan panas akan mampu mengurangi dampak pemuaian.

3. Nitrogen membuat motor melaju terasa lebih ringan. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun dampak yang dihasilkan tidak signifikan. Perbedaannya hanya 5 persen ban dengan gas nitrogen lebih ringan.

Mitos-Mitos tentang Nitrogen untuk Ban Motor | admin | 4.5