Oli Yang Cocok Untuk Mobil Tua

Wednesday, March 8th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Oli Yang Cocok Untuk Mobil Tua – Tidak bisa dipungkiri peredaran kendaraan lawas khususnya mobil lawas dengan umur yang sudah di atas 20 tahunnan masih banyak berlalu lalang di Indonesia. Akan tetapi, mobil jadul tersebut memerlukan perawatan yang sangat ekstra, termasuk mengenai oli.

Oli Yang Cocok Untuk Mobil Tua

Oli Yang Cocok Untuk Mobil Tua (Sumber Gambar : pexels)

Salah satu dari perawatan yang diperlukan untuk mobil yang sudah berumur adalah rajin untuk mengganti oli mesin. Akan tetapi, untuk perawatan mobil dengan produksi tahun yang sudah lama, dianjurkan tetap mempergunakan oli sesuai pada buku manual ataupun saran dari dealer resmi.

Apabila diperlukan, coba memakai oli yang viskositasnya dinilai lebih tinggi, lebih kental dan workable atau tidak. Tetapi cobalah dulu.

Apabila mesin mobil mengeluarkan suara berisik dikarenakan penggunaan oli dengan viskositas Society of Automotive Engineers atau SAE 20W-50, maka harus dipertimbangan berikutnya menggunakan 10W-60 yang dirasa lebih tinggi kekentalannya.

Logikanya, dengan tambahnya umur, maka mesin akan lebih aus, gapnya bertambah. Dengan pembesaran gap, diperlukan pelumas yang dinilai lebih mampu untuk mengisi gap tersebut.

Tetapi artinya, tidak berarti selalu menggunakan pelumas yang dirasa lebih kental tersebut lebih baik. Makanya harus coba terlebih dulu, semisal coba terlebih dulu pada 5.000 kilometer, jika terasa enak berarti memang cocok.

Jika Anda bingung, sebaiknya tanyakan pada montir kepercayaan Anda. Mintalah rekomendasi merk oli yang cocok untuk mobil tua yang Anda gunakan untuk sehari-hari

Oli Yang Cocok Untuk Mobil Tua | Rudiyanto | 4.5