Pantangan Ketika Mencuci Sepeda Motor

Friday, November 25th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Pantangan Ketika Mencuci Sepeda Motor – Mempunyai sepeda motor yang bersih tidak cuma enak dipandang, tetapi juga menjadikan performanya lebih enteng. Ini tidak lepas dari lumpur yang tentu bisa menghambat laju dari kendaraan luruh pada saat dicuci.

Sejumlah Pantangan Ketika Mencuci Sepeda Motor

Pantangan Ketika Mencuci Sepeda Motor

Pantangan Ketika Mencuci Sepeda Motor (Sumber Gambar : youtube)

Pada musim penghujan, Anda pasti sering mencuci motor. Tetapi, ada beberapa pantangan yang perlu diperhatikan pada saat mencuci motor. Penasaran? berikut uraian Pantangan Ketika Mencuci Sepeda Motor :

Mencuci motor ketika mesin masih panas

Air serta panas bukanlah zat yang baik untuk motor. Seperti kita tahu pada pelajaran fisika dasar bahwasanya logam tentu akan memuai pada saat panas dan setelah itu akan kembali pada bentuk semula ketika dingin. Hal inilah yang harus diperhatikan ketika mencuci sepeda motor.

Dalam manual book, dianjurkan bahwa pengguna atau pemilik sepeda motor untuk tidak melakukan penyiraman mesin ataupun knalpot yang tampak masih panas. Pada kasus ekstrim, kondisi tersebut dapat membuat blok mesin retak serta kerusakan pada krom maupun lapisan nikel. Sehingga, pada saat ingin mencuci, biarkan sepeda motor bersuhu dingin.

Langsung membersihkan bodi

Mencuci sepeda motor memang perkara yang mudah. Tetapi bukan berarti Anda tidak paham sisi mana terlebih dahulu yang harus dibersihkan. Apabila salah, sepeda motor Anda bisa saja rusak, misalnya menyebabkan baret pada bodi.

Dianjurkan untuk membersihkan area yang tampak paling kotor terlebih dahulu. Semisal spakbor, ban, serta bagian detail pada mesin. Sesudah bersih, barulah cuci sisi bodi. Akan lebih baik lagi, membedakan alat pembersih pada roda serta mesin dan bodi. Selain dari itu, dianjurkan juga memakai sarung tangan pada saat mencuci.

Menyemprot rantai dengan air yang bertekanan

Untuk motor yang mempunyai rantai, cucilah dengan bersih rantai terlebih dulu sebelum membersihkan bagian yang lain. Kemudian, janganlah menyiram rantai memakai semprotan air yang bertekanan. Seperti diketahui rantai mempunyai Z-ring, O-ring ataupun X-ring.

Nah, ring tersebut dilumasi dengan menggunakan gemuk pada saat rantai dirakit. Jika disemprot dengan air bertekanan, mungkin saja gemuk tersebut lepas dan berefek pada performa rantai.

Untuk membersihkan area tersebut, pakailah produk khusus yang sudah dirancang untuk membersihkan rantai. Kemudian, tidak disarankan menggunakan sabun pada saat membersihkan.

Pantangan Ketika Mencuci Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5