Penanganan Serta Pemulihan Mobil yang Terendam Banjir

Monday, August 29th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penanganan Serta Pemulihan Mobil yang Terendam Banjir – Musim hujan pada saat ini tidak bisa diprediksi. Pergantian iklim sejatinya terjadi secara mendadak dan sering mengejutkan. Di kota-kota besar tentunya dengan tingkatan banjir yang cukup rawan akan mengkhawatirkan para pemilik mobil yang mana bisa saja mobil mereka terendam banjir secara tiba-tiba. Hal ini sejatinya akan menjadikan mobil ataupun kendaraan lainnya bermasalah bila terendam banjir. Untuk itu kami akan menginformasikan mengenai Penanganan Serta Pemulihan Mobil yang Terendam Banjir.

Langkah Penanganan Serta Pemulihan Mobil yang Terendam Banjir

Penanganan Serta Pemulihan Mobil yang Terendam Banjir

Penanganan Serta Pemulihan Mobil yang Terendam Banjir (Sumber Gambar : aktual.com)

Penanganan Serta Pemulihan Mobil yang Terendam Banjir harus segera dilakukan oleh para pemilik mobil supaya mobil bisa kembali beroperasi dengan normal. Jika mobil yang sudah terendam banjir dibiarkan mangkrak, tentunya tidak akan mengakibatkan masalah lain yang disebabkan oleh air yang telah masuk ke komponen mesin seperti kerak, karat dan lain sebagainya. Berikut adalah Penanganan Serta Pemulihan Mobil yang Terendam Banjir:

Memutuskan Semua Aliran Listrik
Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah Anda harus melepaskan kabel aki pada terminal plus. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadi korsleting karena aki adalah sumber listrik. Lakukan hal ini sesegera mungkin pada saat mobil Anda mulai terendam banjir. Setelah itu sebaiknya Anda mendorongnya ke tempat lebih tinggi.

Lakukan Pengeringan
Sesudah mobil Anda dipindahkan, Langkah selanjutnya adalah melakukan pengeringan disemua komponen mobil. Caranya yakni dengan melepaskan semua kabel kelistrikan serta semprot semua bagian yang terkena air dengan mempergunakan angin dari kompresor. Bila Anda tidak memiliki kompresor, maka dapat menggunakan hair dryer atau pengering alat lainnya. Beberapa komponen yang wajib dikeringkan dan dibersihkan adalah busi, saluran angin, saringan, karburator, coil, delco, alternator, perangkat starter, V-belt, serta seluruh rangkaian kabel.

Lakukan Pergantian Oli
Kuras oli mesin serta sesudah oli habis terkuras Anda harus menyemprotnya dengan kompresor . Bila tidak ada kompresor maka dapat menggunakan pompa angin. Semprot sampai air dan oli benar-benar habis terkuras. Setelah itu isilah oli yang larut dalam air dan sesudahnya kuras kembali oli tersebut. Hal ini bermaksud supaya air dalam mesin benar-benar hilang. Sesudah itu, isi oli baru yang sesuai dengan spesifikasi mobil anda.

Bersihkan Dan Kuras Tangki Bahan Bakar
Langkah selanjutnya Anda harus menguras serta membersihkan tangki bahan bakar, hal ini bermaksud menghilangkan air yang mungkin saja masuk ke dalam tangki bahan bakar selama mobil Anda terendam air banjir. Perlu dipahami bahwa bahan bakar yang sudah tercampur air dapat menyebabkan kerusakan pada onderdil mesin mobil, dan dapat menyebabkan mobil mogok secara mendadak. Anda cukup menggunakan selang kecil, kemudian memasukkannya samapai pada dasar tangki dan kemudian hisaplah dengan mulut dengan menggunakan gaya gravitasi.

Keringkan Komponen Panel dan Lampu
Bagian lainnya yang perlu diperiksa serta harus dikeringkan adalah lampu. dikarenakan umumnya arus listrik pada komponen lampu rentan hubungan arus pendek atau rentan korsleting. Setelahnya keringkan juga wiper, door trim, klakson, karpet dek dan jok. Anda harus mengeluarkan karpet serta melepaskan sarung jok pada kemudi guna dicuci serta dijemur. Sambil menunggu kering Anda dapat membersihkan bagian interior pada mobil dengan menggunakan vacuum cleaner, bukalah keempat pintu pada mobil sampai Anda selesai membersihkan bagian dalam kabin mobil.

Bersihkan dan Cek Perangkat Pengereman
Anda juga perlu membersihkan perangkat pada sistem pengereman. Caranya dengan melepaskan roda serta membuka perangkat rem, sesudah itu bersihkan serta keringkan kanvas rem, piston caliper, dan karet tromol. Apabila diperlukan penggantian komponen perangkat pengereman, segera ganti.

Pastikan Pemeriksaan ECU dan Injektor ke Bengkel Resmi
Sesudah kelima langkah diatas telah selesai dikerjakan serta tangki bbm sudah diisi dengan bahan bakar, selanjutnya adalah Anda harus melakukan pemanasan mesin mobil. Anda disarankan memanaskan mesin kurang lebih 15-20 menit saja sesudah itu bawa mobil Anda ke bengkel resmi guna memeriksa sistem pada electronic control unit (ECU) atau umumnya disebut komputer mobil.

Demikianlah langkah Penanganan Serta Pemulihan Mobil yang Terendam Banjir yang bisa kami uraikan. Semoga bermanfaat bagi para pemilik serta pembaca sekalian.

Penanganan Serta Pemulihan Mobil yang Terendam Banjir | Rudiyanto | 4.5