Pengaruh Jalanan Beton Pada Ban Mobil

Tuesday, August 1st, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Pengaruh Jalanan Beton Pada Ban Mobil – Sebagian Jalanan di wilayah Indonesia sekarang ini tidak cuma dilapisi dengan aspal, namun ada juga beberapa jalanan yang memakai beton. Kondisi dari lapisan jalanan yang berbeda tersebut ternyata dinilai bisa mempengaruhi tingkat keausan pada ban mobil.

Pengaruh Jalanan Beton Pada Ban Mobil

Pengaruh Jalanan Beton Pada Ban Mobil (Sumber Gambar : seputarmudik)

Mobil yang sering melewati jalan berlapis beton, karet dari ban-nya tentunya akan lebih cepat aus atau habis.

Sebetulnya tingkat keausan ban tersebut memang benar dipengaruhi oleh kontur medan jalan. Jika misalnya jalan betonnya cukup kasar, pastinya akan lebih cepat aus atau habis dibandingkan dengan jalan aspal halus.

Pada saat mobil melintas pada jalanan yang cuma berlapis beton, maka gesekan diantara karet ban dengan permukaan jalanan menjadi lebih keras. Hal tersebut akan membuat karet dari telapak ban menjadi cenderung lebih cepat terkikis.

Selain dari itu, suhu dari permukaan jalan baik itu aspal ataupun beton, juga merupakan salah satu penyebab karet bulat ini semakin aus atau menipis.

Tergantung pada tingkat panas dari permukaan jalanannya juga. Jalanan pada daerah dingin bila dibandingkan dengan wilayah pinggiran pantai misalnya, ini akan berpengaruh pada keawetan ban. Jadi sebenarnya yang banyak mempengaruhi, bukan hanya mengenai beton ataupun aspalnya saja.

Semua permukaan jalan memang mempunyai pengaruh terhadap ban, dan bukan cuma jalanan beton saja namun yang paling signifikan mempengaruhi keawetan ban adalah suhu dari jalanan itu sendiri.

Pengaruh Jalanan Beton Pada Ban Mobil | Rudiyanto | 4.5