Pengaturan Kaca Spion Mobil Yang Benar

Monday, December 12th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Pengaturan Kaca Spion Mobil Yang Benar – Guna menunjang keselamatan dari pengendara mobil selama di perjalanan, pabrik telah menyertakan beberapa fitur. Dari mulai hal yang sederhana sampai hal paling canggih. Salah satu fitur dari keselamatan adalah kaca spion.

Komponen yang satu ini mempunyai tugas yang sangatlah penting dalam masalah keselamatan dalam berkendara. Oleh karena itu, janganlah mengabaikan peran penting kaca spion tersebut. Pada mobil, umumnya terdapat 3 kaca spion, yakni pada sisi kiri, sisi kanan dan juga tengah. Ketiga kaca tersebut mempunyai tugas masing-masing guna membantu pengemudi untuk melihat kendaraan yang datang dari arah belakang maupun samping mobil yang dikendarai.

Pengaturan Kaca Spion Mobil Yang Benar

Pengaturan Kaca Spion Mobil Yang Benar

Pengaturan Kaca Spion Mobil Yang Benar (Sumber Gambar : iStock)

Walaupun diposisikan terpisah, ketiga kaca spion tersebut saling berkaitan dan mempunyai peran penting, khususnya pada saat mobil melesat dengan kecepatan tinggi di jalan raya. Namun, tidak sedikit pengendara atau pemilik mobil yang belum paham tentang bagaimana pengaturan kaca spion mobil yang benar. Hal ini akhirnya menimbulkan area yang kurang terpantau atau istilah umumnya adalah titik buta atau blind spot.

Pengaturan Kaca Spion Mobil Yang Benar sebaiknya dilakukan pada saat mobil sedang dalam keadaan terparkir. Lantas, aturlah posisi duduk Anda dan carilah posisi yang benar-benar nyaman.

Langkah berikutnya dalam pengaturan kaca spion mobil yang benar, pada kaca spion kanan dan juga kiri arahkanlah keluar tetapi jangan terlalu berlebihan. Usahakan body belakang mobil terlihat oleh Anda walaupun sebagian. Hal tersebut dilakukan supaya pandangan pengemudi pada arah samping lebih luas. Hal tersebut juga akan memudahkan pengendara pada saat akan parkir dan melaju mundur.

Kemudian untuk pengaturan kaca spion tengah, sesuaikanlah dengan posisi pandangan pengemudi. Apabila dirasa kurang pas, geser spion ke arah samping dan juga depan. Atur posisi dari kaca spion tengah sedemikian rupa sehingga pengemudi bisa melihat objek di bagian belakang dan juga samping mobil melalui kaca spion. Dengan demikian, mobil atau kendaraan lain yang posisinya jauh di belakang mobil bisa terlihat dengan jelas oleh pengemudi.

Dan yang terakhir yang perlu diingat, kaca spion bukan satu-satunya alat penunjang keselamatan. Pengemudi juga harus aktif menengok ke arah kanan dan arah kiri saat akan berbelok ataupun pindah jalur. Yang paling penting, berkendaralah dengan bijak dan baik serta aman dan juga hindari melakukan tindakan yang agresif yang bisa memicu kecelakaan.

Pengaturan Kaca Spion Mobil Yang Benar | Rudiyanto | 4.5