Pengecekkan Mobil Setelah Mudik

Tuesday, August 2nd, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Pengecekkan Mobil Setelah Mudik – Pengecekkan kondisi mobil sebelum perjalanan yang jauh memang sangat penting dilakukan. Namun pengecekan setelah kembali dari perjalanan jauh pun tidak kalah penting. Kondisi medan jalanan yang kurang baik, kemacetan panjang selama berjam-jam dan jarak tempuh yang jauh mempunyai potensi mengakibatkan kerusakan pada beberapa komponen kendaraan.

Terkait dengan pengecekkan mobil setelah kembali dari perjalanan yang jauh, ada beberapa bagian komponen yang wajib diperiksa. Seperti dijelaskan oleh seorang Kepala Bengkel, “bagian-bagian yang harus dicek antara lain adalah cairan radiator, semua komponen yang membutuhkan oli pada mobil, pengereman, kaki-kaki seperti ban, shock breaker depan dan belakang, spooring, dan balancing,” jelasnya.

Pengecekkan Mobil Setelah Mudik

Pengecekkan Mobil Setelah Mudik (Sumber Gambar : Whels24)

Dari komponen yang dicek tersebut, ada beberapa pengecekkan yang paling penting dilakukan yakni, oli mesin dan spooring. Bagi oli mesin, sebaiknya diganti bila telah dikendarai ke luar kota dengan jarak tempuh mencapai 2.600 km ataupun lebih. Sedangkan spooring penting dilakukan terkait dengan kondisi jalanan yang kurang baik, seperti melintasi jalanan yang berlubang, jalanan tidak rata dengan bebatuan, dan lain sebagainya.

Pengecekkan tersebut pastinya tidak bisa dianggap remeh apabila menginginkan hasil yang terbaik pada mobil kesayangan Anda. Untuk itu, kepala bengkel ini menyarankan supaya pengecekkan dilakukan di bengkel resmi dengan melakukan pengecekkan keseluruhan, sehingga bagian komponen mobil yang terindikasi kerusakan bisa langsung dilakukan penanganan.

Demikianlah artikel otomotif tentang pengecekkan mobil setelah mudik yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menjadi acuan untuk anda para perantau yang selalu melakukan kegiatan mudik setiap tahunnya.

Pengecekkan Mobil Setelah Mudik | Rudiyanto | 4.5