Pengereman Saat Darurat Untuk Pemula

Wednesday, March 22nd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Pengereman Saat Darurat Untuk Pemula – Gaya dalam berkendara antara mobil matic dan mobil manual tentunya sama saja, yang membedakan cuma caranya. Sebab, pada mobil matic cuma mengandalkan 1 kaki, kaki kanan saja. Sedangkan pada mobil manual mempergunakan dua kaki, untuk penggerak rem dan juga kopling.

Pengereman Saat Darurat Untuk Pemula

Pengereman Saat Darurat Untuk Pemula (Sumber Gambar : Pixabay)

Yang membedakan metode atau cara dalam berkendara manual dan matic tentu dari tingkat kewaspadaan, termasuk pada proses pengereman. Mobil matic cukup sangat rentan. Apabila pada mobil manual bisa dibantu oleh engine brake, sedangkan pada mobil matic tidak bisa. Itulah hal yang patut diwaspadai.

Karena pada mobil matic cuma mengandalkan rem, disarankan, utamanya bagi seorang pengemudi pemula, supaya jarak dari pengeremannya haruslah diperhitungkan dengan benar-benar matang. Selain dari itu rem pun haruslah benar-benar sehat apabila perlu, diperiksa ke bengkel.

Lebih baik lagi jika rem janganlah ditekan terus, jika bisa agak diayun, walaupun pengereman sudah ABS. Hal tersebut disarankan supaya tidak terjadi pecah ban atau berjalan licin.

Apapun kondisinya, bila melakukan pengereman janganlah mendadak dan tidak terus menerus diinjak supaya mobil tetap bisa terkontrol. Apabila rem langsung diinjak berpotensi membahayakan kendaraan yang ada di belakang.

Oleh karena itu, untuk menghindarkan dari tabrakan beruntun, sebaiknya pengemudi menjaga jarak aman dengan beberapa mobil yang ada di depannya dan usahakan untuk tetap konsentrasi tinggi.

Pengereman Saat Darurat Untuk Pemula | Rudiyanto | 4.5