Pengertian Dan Penyebab Dieseling Pada Mobil

Saturday, December 31st, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Pengertian Dan Penyebab Dieseling Pada Mobil – Sering kali pengemudi dari sebuah mobil menginjak pedal gas sebelum pengemudi mematikan mesin dari kendaraan. Padahal kebiasaan tersebut bisa berefek buruk untuk kendaraan. Seharusnya begitu kunci kontak diputar pada posisi ‘off’, putaran mesin tidak terdengar lagi. Bila perilaku tersebut terus dilakukan, mobil akan mengalami dieseling.

Pengertian Dan Penyebab Dieseling Pada Mobil

Pengertian Dan Penyebab Dieseling Pada Mobil

Pengertian Dan Penyebab Dieseling Pada Mobil (Sumber Gambar : getty images)

Dieseling adalah kejadian masih berputarnya mesin dengan berlebihan sesudah kunci kontak diposisikan pada posisi off. Kasus seperti ini terjadi pada mesin dengan bahan bakar bensin.

Mesin kendaraan yang mengalami dieseling biasanya akan lebih sulit dihidupkan. Sebab, pada ruang bakar biasanya ada terlalu banyak bahan bakar. Lama-lama hal ini akan menyebabkan aki soak. Selanjutnya adalah efek terhadap engine mounting. Dieseling cukup identik dengan proses putaran mesin yang tidak stabil. Dengan ketidakstabilannya putaran mesin sehingga mounting akan meredam sejumlah getaran dari mesin dengan tidak stabil juga. Hal tersebut yang bisa mempercepat retak ataupun kerasnya mounting mesin.

Dampak dari dieseling lainnya yaitu memperpendek usia dari busi. Hal tersebut akan terjadi dikarenakan busi mobil mengalami dieseling akan cenderung basah. Kondisi yang basah tersebut memudahkan terjadinya hubungan pendek arus listrik alias korsleting pada komponen busi.

Jika sudah seperti ini, busi tersebut akan cepat panas dan kemudian akan mempercepat retak pada komponen busi ataupun putusnya resistant
pada busi.

Dieseling pun menunjukkan bahwasanya pembakaran yang tidak sempurna. Ini artinya dieseling akan bisa mempercepat munculnya kerak karbon di ruang bakar. Efek selanjutnya, mesin bersuara ngelitik serta mempercepat keausan komponen mesin, baik itu piston, silinder mesin, dan juga ring piston.

Secara teknis, sejumlah faktor yang menjadi pemicu dieseling, antara lain adalah, sistem cut-off bbm tidak berfungsi secara baik. Kedua, kerak karbon di ruang bakar yang berlebihan dan menimbulkan bara di ruang mesin. Ketiga dieseling timbul dikarenakan ketika mematikan mesin pengendara sering menginjak pedal gas.

Pengertian Dan Penyebab Dieseling Pada Mobil | Rudiyanto | 4.5