Pengetahuan Sebelum Mengganti Audio Mobil

Thursday, March 30th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Pengetahuan Sebelum Mengganti Audio Mobil – Mengganti ataupun melakukan upgrade sistem audio pada mobil kesayangan, sepertinya sudah menjadi hal yang wajib, sebagai sarana hiburan untuk pemilik kendaraan yang biasanya berkendara melintasi kemacetan.

Pengetahuan Sebelum Mengganti Audio Mobil

Pengetahuan Sebelum Mengganti Audio Mobil (Sumber Gambar : pixabay)

Akan tetapi, mengganti perangkat audio sebaiknya tidaklah sembarangan, supaya tidak mendatangkan kekecewaan. Perlu diketahui terlebih dahulu sistem audio apakah yang cocok pada mobil kesayangan, 2 way ataukah 3 way?

Perbedaan cukup mendasar diantara sistem 2 way dan juga 3 way tentu mengenai kualitas suara, karena ada perbedaan pada sistem speaker yang terpasang pada mobil.

“Ringkasnya, jika sistem 2 way terdapat tweeter dan juga midbass, serta crossover pasif. Sedangkan sistem 3 way terdapat penambahan di komponen speaker, yakni midrange.

Fungsi dari midrange tersebut adalah guna menangkap suara berfrekuensi tinggi yang tidak dapat ditangkap oleh tweeter ataupun midbass. Dengan memakai midrange, suara dari vokal yang dihasilkan lebih terasa tebal dan jelas.

“Akan tetapi untuk yang baru saja upgrade audio, ada baiknya mempergunakan sistem 2 way. Karena untuk sistem 3 way memerlukan instalasi yang khusus, dan memerlukan banyak ruang pada kabin mobil.

Instalasi yang khusus yang dimaksud dikarenakan untuk sistem 2 way, tweeter cuma diletakan pada bagian atas dashboard pada pilar A dan midbass pada kompartemen di pintu depan, serta keduanya tidak akan mengganggu pandangan dari pengemudi.

Sedangkan untuk penambahan midrange, umumanya diletakan pada bagian atas dashboad, dan dapat dipastikan akan mengurangi pandangan dari pengemudi. Serta jangan lupa, bila menggunakan sistem 2 way ataupun 3 way, usahakan pemilik memasang peredam suara.

Pengetahuan Sebelum Mengganti Audio Mobil | Rudiyanto | 4.5