Pentingnya Bar End Stang Sepeda Motor

Wednesday, November 30th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Pentingnya Bar End Stang Sepeda Motor – Salah Satu dari komponen sepeda motor yang mempunyai ukuran kecil yang sering terlupakan namun sebenarnya sangat penting adalah bar end, yang mempunyai posisinya berada pada ujung stang, dan menutupi lubang pipa.

Fungsi Pentingnya Bar End Stang Sepeda Motor

Pentingnya Bar End Stang Sepeda Motor

Pentingnya Bar End Stang Sepeda Motor (Sumber Gambar : webbikeworld)

Saking dinilai tidak terlalu penting, dan dirasa mengganggu ketika handling, komponen tersebut malah dilepas. Sebenarnya bar end mempunyai fungsi yang sangat penting, utamanya dalam hal perlindungan apabila pengendara jatuh.

Fungsi pentingya bar end stang sepeda motor adalah sebagai pelindung dari handle rem dan juga grip apabila terjauh. Dan komponen ini dapat mengurangi resiko kecelakaan dan kerusakan parah.

Apabila komponen yang kecil tersebut tidak ada, apabila suatu ketika sepeda motor jatuh serta stang menyentuh jalanan, akan mengakibatkan terkuncinya gas. Maka dari itu, bisa saja penggantian komponennya termasuk juga throttle tube, clip-on, atau bahkan bisa keseluruhan dari handle bar yang harganya cukup mahal.

Selanjutnya, komponen kecil ini juga cukup penting guna menjaga keseimbangan ataupun kestabilan. Bar end juga dapat mengurangi getaran sehingga sepeda motor lebih nyaman dikendarai.

Apabila dulu bar end stang terbuat dari material besi dan mempunyai bobot yang cukup berat. Sekarang banyak yang berbahan plastik, terkecuali pada sepeda motor sport Kawasaki, masih memakai material besi dan cukup berat.

Mengenai harga, bar end stang terhitung cukup miring. Harganya berkisar dari mulai Rp 35 ribu. Biasanya aksesori bar end dijajakan dalam warna dan bentuk yang lebih menarik daripada bawaan dari pabrik yang umumnya berwarna hitam.

Pentingnya Bar End Stang Sepeda Motor | Rudiyanto | 4.5