Pentingnya Rotasi Ban Mobil

Saturday, December 17th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Pentingnya Rotasi Ban Mobil – Supaya performa mobil selalu prima dan nyaman pada saat dikendarai, pemilik selalu melakukan perawatan. Perawatan mobil wajib dilakukan dengan berkala guna menjaga komponen supaya tetap bekerja sebagaimana mestinya. Salah satu dari perawatan yang biasa dilakukan oleh pemilik mobil adalah merotasi ban mobil.

Peran Pentingnya Rotasi Ban Mobil

Pentingnya Rotasi Ban Mobil

Pentingnya Rotasi Ban Mobil (Sumber Gambar : pirelli)

Hanya saja tidak jarang pula pemilik mobil yang memperhatikan hal ini. Padahal rotasi pada ban mobil perlu dilakukan. Dengan merotasi ban dengan rutin, tingkat dari keausan pada ban baik ban depan maupun ban belakang selalu sama. Dengan demikian ban bisa dipergunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang.

Bridgestone Indonesia menyarankan untuk melakukan rotasi ban setiap 2.000 kilometer. Jarak ini disesuaikan pada kondisi jalanan Indonesia yang sebagian besar tidak bagus. Jika ada indikasi keausan yang tidak rata, segeralah rotasi ban.

Merotasi ban bisa dilakukan dengan memindahkan ban belakang ke ban depan dan begitu pun sebaliknya. Artinya, ban kanan dibagian depan bisa ditukar dengan ban kanan dibagian belakang serta ban kiri belakang bertukar posisi dengan ban kiri depan.

Di samping rotasi ban, pemilik mobil juga disarankan untuk melakukan spooring. Spooring merupakan proses meluruskan kembali dudukan keempat roda mobil. Dengan begitu, ban tetap bisa dipergunakan pada jangka waktu yang panjang. Sebaiknya Spooring dilakukan setiap 5.000 km.

Pentingnya Rotasi Ban Mobil | Rudiyanto | 4.5