Pentingnya Starter Engkol Pada Motor Sport

Monday, May 22nd, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Pentingnya Starter Engkol Pada Motor Sport – Sepeda motor yang dilengkapi fitur electric starter memang sangatlah memudahkan para pengendara ketika menghidupkan mesin. Sekali pencet tombol, sepeda motor dapat langsung hidup.

Akan tetapi, penggunaan dari kick starter atau starter tuas engkol tetaplah dibutuhkan guna mendorong oli supaya sirkulasi awalnya lebih cepat.

Pentingnya Starter Engkol Pada Motor Sport

Pentingnya Starter Engkol Pada Motor Sport (Sumber Gambar : wikimedia)

jika mesin belum dinyalakan, oli berada di bawah, disarankan untuk memanfaatkan tuas engkol terlebih dulu, supaya olinya bisa bersirkulasi tahap awal, starter engkol atau kick starter tanpa mengontakkan kunci barulah dipencet electric starter. Jika oli telah siap, barulah di-starter.

Kendati demikian, tuas starter engkol pada dasarnya tidaklah terlalu penting bila posisi mesin tidur, seperti halnya yang diterapkan di sepeda motor jenis bebek ataupun skuter matik.

Lain masalahnya pada jenis sepeda motor sport yang diketahui posisi mesinnya yang tegak. Oli pada jenis motor sport umumnya akan turun dan tidak merata saat melumasi bagian komponen mesin saat mesin lama tidak hidup.

Sebaliknya, pada mesin sepeda motor bebek ataupun skuter matik, karena posisi mesinnya tidur posisi oli masih bisa melumasi atau menempel di bagian yang penting mesin.

Jadi kesimpulan Pengtingnya Starter Engkol Pada Motor Sport adalah untuk menaikan oli secara merata pada semua komponen mesin saat mesin tidak dihidupkan dalam waktu yang cukup lama.

Pentingnya Starter Engkol Pada Motor Sport | Rudiyanto | 4.5