Pentingnya Tutup Pentil

Wednesday, October 26th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Pentingnya Tutup Pentil – Tutup pentil pada ban atau valve cap ternyata mempunyai fungsi yang sangat penting untuk sebuah ban. Hanya saja terkadang banyak sekali pengguna kendaraan mengabaikan dan menganggap remeh peran dari tutup pentil tersebut.

Fungsi Penting Tutup Pentil

Pentingnya Tutup Pentil

Pentingnya Tutup Pentil (Sumber Gambar : okezone)

Fungsi yang pertama dari tutup pentil ini sebagai pencegah udara pada ban tidak keluar melewati celah kecil pada katup pentil. Fungsi kedua dari komponen kecil ini adalah pencegah kotoran masuk pada area dalam pentil. Debu ataupun air yang masuk pada pentil ban bisa merusak katup serta menimbulkan korosi yang menyebabkan katup bocor dan mengakibatkan angin lenyap dari ban.

Tutup pentil ini mempunyai berbagai jenis atau tipe diantaranya berbahan plastik, serta logam yang dibagian dalamnya terkandung lapisan karet guna menyumpal udara atau kotoran semisal debu serta air yang masuk. Selain dari itu ada tipe tutup pentil yang mempunyai indikator yang berguna memberitahu pengguna tentang tekanan ban yang berkurang ataupun tidak.

Ada juga tipe tutup pentil ban dengan fungsi yang dekoratif. Maksud utamanya sebagai kosmetik yang berguna untuk mempercantik tampilan mobil. Desainya ada beberapa macam, dari bola basket, roket, kepala tengkorak, kubah dan lain sebagainya.

Maksimalkan peran tutup pentil untuk menjaga angin dari ban mobil Anda. Dan janganlah menyepelekan peran dari tutup pentil tersebut. Sekian artikel mengenai Pentingnya Tutup Pentil, semoga bermanfaat dan menjadi wawasan tambahan bagi pembaca sekalian.

Pentingnya Tutup Pentil | Rudiyanto | 4.5