Penyebab Aki Tekor Pada Kendaraan Yang Jarang Dipakai

Friday, April 28th, 2017 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab Aki Tekor Pada Kendaraan Yang Jarang Dipakai – Sudah menjadi rahasia umum bila sepeda motor yang lama tidak digunakan akinya menjadi tekor. Lalu, mengapa kondisi tersebut bisa terjadi? aki atau batre mempunyai siklus. Ketika sepeda motor dihidupkan diperlukan arus yang sangat besar untuk menggerakan komponen motor starter, sehingga voltasenya otomatis akan berkurang.

Penyebab Aki Tekor Pada Kendaraan Yang Jarang Dipakai

Penyebab Aki Tekor Pada Kendaraan Yang Jarang Dipakai (Sumber Gambar : pixabay)

Otomatis, aki tersebut akan menampung sumber listrik yang dihasilkan oleh putaran mesin supaya voltasesnya seperti sediakala. Tetapi, proses tersebut memerlukan waktu. Maka dari itu, jangan menghidupkan mesin sebentar-sebentar.

Jika perlakuan tersebut terjadi, aki atau batre pada sepeda motor akan mengalami tekor. Hal tersebut dikarenakan voltase yang dikeluarkan tidaklah sebanding dengan sumber listrik yang disimpan. Jika batre atau aki tidak pernah terisi dengan penuh, aki akan terus pada kondisi seperti itu. Bagian dari atas yang cell-nya bisa saja mati. Maka dari itu, wajar saja bila kendaraan yang sudah lama tidak dipakai aki jebol.

Sementara itu, pemilik kendaraan disarankan untuk melakukan pemeriksaan aki. Minimal, janganlah melewatkan poin pemeriksaan aki pada saat servis berkala. Pada aki konvensional, janganlah lupa untuk memeriksa air dan juga terminalnya, terdapat korosi ataukah tidak.

Jika berniat untuk memanaskan kendaraan dan sekaligus mengisi daya listrik aki lebih baik jangan cuma secara langsam atau iddle. Sesekali naikkan putaran mesin dengan membetot gas namun jangan terlalu menggeber, dan lakukan secara perlahan.

Setiap kendaraan mempunyai standar masing-masing. Untuk kendaraan roda empat atau mobil biasanya di atas 1.000 rpm sementara untuk sepeda motor pada 600 rpm.

Penyebab Aki Tekor Pada Kendaraan Yang Jarang Dipakai | Rudiyanto | 4.5