Penyebab As Kopel Rusak

Thursday, November 10th, 2016 - Artikel, Artikel Otomotif

Penyebab As Kopel Rusak – Suara “trek trek trek” pada area roda mobil ketika berbelok. Hampir dipastikan, suara tersebut berasal dari komponen Constant Velocity atau CV Joint atau sering disebut as kopel, ataupun kopel as bagian luar atau outher shaft. Apakah penyebab As Kopel Rusak, kenapa hal tersebut bisa terjadi?

Beberapa Penyebab As Kopel Rusak

Penyebab As Kopel Rusak

Penyebab As Kopel Rusak (Sumber Gambar : bit-tech)

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab As Kopel Rusak, Alasan yang paling gampang adalah terkait umur dari komponen tersebut atau komponen pendukungnya. Karena komponen tersebut benda yang bergerak, jadi tentu ada yang kerusakan apabila sudah lama dipakai.

Detailnya adalah, bahwasanya komponen CV joint yang telah rusak dapat disebabkan karena karet pelindung komponen tersebut sudah mulai getas dikarenakan panas. Panas tentunya dapat membuat karet menjadi kaku, ditambah lagi dengan posisi komponen tersebut berada di bagian bawah mesin dan harus mendapatkan genangan air apabila dikendarai ketika turun Hujan atau jalanan basah.

Jika karet tersebut sudah mulai dirasa rusak atau sobek, pelumas sudah tentu akan keluar. Selanjutnya, komponen yang di dalamnya terkena debu serta kotoran, yang membuat pelumasan pada komponen tersebut kurang sempurna lagi. Selain dikarenakan sobek ataupun getas, bisa saja komponen pendukung tersebut longgar.

Saran bagi pengguna mobil, rajinlah memeriksa kondisi pada komponen kaki-kaki mobil, minimalnya pada jangka waktu enam bulan sekali. Cara sederhananya Tinggal memutar kemudi secara maksimal ke arah kanan dan ke arah kiri guna mengintip bagian tersebut.

Penyebab As Kopel Rusak | Rudiyanto | 4.5